Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Menakar Tinggi Air Terjun Goa Kambing Solok Selatan

Menakar Tinggi Air Terjun Goa Kambing Solok Selatan

Pada tulisan sebelumnya, menelusuri Air Terjun Goa Kambing, sempat kami singgung mengenai ketinggian Air Terjun ini yang rasa-rasanya lebih tinggi dari pada Air Terjun Tangsi Ampek. Tentunya para pembaca pun bertanya-tanya kenapa kami sampai mengeluarkan pernyataan seperti itu. Kalau di lihat sekilas di foto yang kami upload ketinggian Air Terjun ini nampak biasa-biasa saja. Kami perkirakan ini dikarenakan ukuran batu-batu di sekitar Air Terjun ini berukuran raksasa, besar-besar sekali.

Untuk menjawab rasa penasaran ini, kami coba menggunakan matematika sederhana, yaitu menggunakan perbandingan skala. Untungnya kemarin kami sempat memfoto anak SMA yang sedang mandi di Air Terjun ini. Berikut fotonya :

tinggi-goa-kambing

Apakah anda bisa melihat anak diatas air terjun yang sedang berdiri diatas batu ??

Baiklah kami coba perjelas dengan gambar zoom in nya.

tinggi-goa-kambing-1

Berbekal dari foto ini kami mencoba membuat skalanya dengan menggunakan software Corel Draw. Dengan cara menarik garis lurus tinggi sang anak dan tinggi Air Terjun Goa Kambing. Berikut hasil nya :

tinggi-goa-kambing-2

Didapatkanlah perbandingan :

6,176 : 51,026

Jika diperkirakan anak SMA tersebut memiliki tinggi 160 cm maka tinggi Air Terjun Goa Kambing tingkat dasar nya adalah :

X = (160 x 51,025) / 6,176 = 1321,89 ~ 1322 cm atau 13,22 meter.

Tinggi Tingkat Atas Air Terjun Goa Kambing

Kita lanjutkan dengan mengukur skala air terjun tingkat atas nya. masih dengan menggunakan metode yang sama yaitu perbandingan skala. Walaupun mungkin hasilnya tidak tepat 100% namun mendekati 90%. Untuk pengukuran tingkat atas kami menggunakan foto berikut ini :

air-terjun-kembar-2

Kalau dilihat dari sudut kamera foto tersebut diambil dari sudut atas. Dan ada jarak yang cukup jauh antara tingkat pertama dan tingkat kedua. Kami perkirakan lebih dari 10 meter jarak antara keduanya. Tapi kita coba saja, didapatkan perbandingannya sebagai berikut :

tinggi-goa-kambing-3

Maka didapatkanlah perbandingan = 24,89 : 48,585

Sehingga tinggi tingkat Atas adalah = (24,89 x 13,22)/48,585 = 6,77 meter.

Jadi total Tinggi Air Terjun Goa Kambing ini adalah : 13,22 + 6,77 = 19,99 meter ~ 20 meter !!

 

Tentu saja hasil ini masih harus di ukur secara real terutama tingkat atas yang memang perbandingan skala foto masih agak meragukan. Namun kurang lebih tinggi Air Terjun Goa Kambing ini antara 20 – 25 meter.

Cukup tinggi untuk sebuah air terjun. Ditambah lagi dengan lebar air terjun yang memang lebar sehingga menambah cantik pesona Air Terjun Goa Kambing ini. Kalau kamu penasaran dengan air terjun yang satu ini bisa langsung datang di kawasan Bangu Rejo, Solok Selatan.

Ayo Ke Solok Selatan !!

Tags: , ,