Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Kerennya Belajar di Pesantren, Diungkap Pada Program Edukasi

Kerennya Belajar di Pesantren, Diungkap Pada Program Edukasi

Pada Program Edukasi kemarin (5/02/2017) kita membahas pendidikan di Pesantren. Dan sebagai nara sumbernya radio kedatangan bintang tamu istimewa yaitu Khansa Khairunnisa. Ia adalah alumni Pondok Pesantren Ar-Risalah Padang.

Ternyata pesantren bukanlah sekolah monoton yang hanya belajar agama saja. Namun pesantren adalah sekolah yang memadukan pelajaran umum plus tidak tertinggal dalam hal agama.

“Di pesantren selain mempelajari pelajaran umum seperti sains dan sosial, kita juga dibekali lebih dengan pelajaran agama”. Ungkap Khansa Khairunnisa

Dan serunya, setiap santri di pesantren diwajibkan untuk menghafal dua juz setiap tahunnya.

“Kami dipesantren setiap santri diwajibkan menghafal dua juz setiap tahunnya. Namun ketika santri sudah kelas XII kewajiban menghafal hanya tahun pertama saja. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya proses belajar mengajar kelas XII” kata Khansa

Hebatnya lagi di pesantren di gunakan bilingual (dua Bahasa) untuk pengajaran dan bahasa sehari-hari dipesantren.

“Kami wajib menggunakan dua bahasa yaitu Arab dan Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari dan pengantar pelajaran” kata Khansa.

Tak heran lulusan dari Pesantren Ar-Risalah mampu melanjutkan ke perguruan tinggi yang ternama. Tidak hanya perguruan tinggi dalam negeri bahkan hingga ke luar negeri seperti Mesir, Jerman dan lain – lain.

Ketika ditanya bagaimana cara masuk ke Ar-Risalah ternyata persyaratan yang harus dipenuhi sama seperti sekolah lain pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah adanya penambahan tes baca dan hafal Al-Quran.

Sahabat tidak perlu khawatir karena di Pesantren Ar-Risalah juga memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler serta organisasi yang dapat mengembangkan minta dan bakat sahabat semua.

Khansa Kahirunnisa, Alumni Pondok Pesantren Ar-risalah Padang

Tags: ,