Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Pasokan Listrik Kendala Terbesar Pelaksanaan UNBK

Pasokan Listrik Kendala Terbesar Pelaksanaan UNBK
Laboratorium Komputer SMKN 1 Solok Selatan

Penyelenggaraan UNBK di SMKN 1 Solok Selatan

Sungai Pagu, SMKN 1 Solok Selatan akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Tahun 2017. Penyelenggaraan UNBK tahun ini merupakan tahun kedua bagi SMKN 1 Solok Selatan. UNBK akan dilaksanakan pada tanggal 3-6 April 2017 dengan jumlah 247 peserta.

“InsyaAllah tahun 2017 ini SMKN 1 Solok Selatan akan menyelenggarakan UNBK yang kedua kalinya pada tanggal 3-6 April dengan jumlah peserta 247 siswa” Jelas Plt. Kepala SMKN 1 Solok Selatan, Efrizol pada saat wawancara (08/02/2017) di SMKN 1 Solok Selatan.

Kekurangan Komputer

Dengan jumlah peserta UNBK yang cukup banyak, SMKN 1 Solok Selatan hanya memiliki 110 komputer yang memenuhi spesifikasi syarat UNBK. Itupun dengan kondisi 6 komputer yang rusak dan akan segera diperbaiki. Untuk mengatasi kekurangan komputer tersebut penyelenggaraan UN harus dibagi kedalam 3 shift (pagi, siang dan sore). Kondisi ini dinilai kurang ideal, seharusnya hanya dua shift (pagi dan siang). SMKN 1 Solok Selatan membutuhkan setidaknya 25 Komputer lagi untuk mencapai kondisi ideal tersebut.

“kami (SMKN 1 Solok Selatan) kekurangan sekitar 25 komputer lagi untuk mencapai dua shift, sehingga kondisi ideal UNBK dapat tercapai” Jelas Proktor UNBK se Solok Selatan, Nur Alam Pitualo.

Pasokan Listrik Menjadi Kendala Terbesar UNBK

Kondisi suplai listrik PLN di wilayah Kabupaten Solok Selatan yang masih sering kali tidak stabil menjadi perhatian utama pelaksanaan UNBK ini. Pelaksanaan UNBK tidak bisa dilaksanakan dalam keadaan tanpa pasokan listrik untuk menghidupkan komputer UNBK. Untuk menghidupkan 110 komputer dengan daya listrik 300W/komputer setidaknya dibutuhkan 33.000 Watt atau 33 KW.

“Perhatian utama kami adalah listrik yang sering kali tidak stabil di Solok Selatan. Untuk menghidupkan 110 komputer kami membutuhkan daya sebesar 33 KW. Kalau mati lampu kemana kami akan mencari genset dengan daya sebesar itu ?” jelas Nur Alam.

“Kalau boleh memilih antara bantuan komputer atau genset kami tentu saja memilih genset dengan daya minimal 50 KW. Sehingga kami tidak perlu lagi khawatir dalam menyelenggarakan UNBK. Dan sekolah lain dapat menumpang di SMKN 1 Solok Selatan baik itu SMA/SMK lainnya atau bahkan SMP di sekitar SMKN 1 Solok Selatan seperti halnya yang terjadi di kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat” Tambah Nur Alam.

Plt. Kepala SMKN 1 Solok Selatan, Efrizol

Tags: , , ,