Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

SMP Boleh Menumpang UNBK di Sekolah Lain

SMP Boleh Menumpang UNBK di Sekolah Lain
Ujian Nasional Berbasis Komputer

SMKN 1 Solok Selatan Siap Menampung UNBK SMP

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) membutuhkan sarana dan prasana yang harus dipenuhi. Ketersediaan komputer, Server, Jaringan Internet dan Operator harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Di Kabupaten Solok Selatan hanya SMKN 1 Solok Selatan yang telah memenuhi persyaratan tersebut. SMKN 1 Solok Selatan siap menampung SMP yang ingin melaksanakan UNBK.

“SMKN 1 Solok Selatan siap untuk menampung SMP yang ingin melaksanakan UNBK SMP, sarana prasana kami siap mendukung untuk itu semua” kata Proktor UNBK se Solok Selatan, Nur Alam Pitualo.

Persetujuan Komite Sekolah

Untuk dapat melaksanakan UNBK SMP di SMKN 1 Solok Selatan hanya cukup membutuhkan persetujuan Komite Sekolah melalui rapat komite sekolah. Hal ini juga berguna untuk menentukan besaran dana operasional yang akan dipergunakan selama UNBK seperti pembayaran listrik, operator, dan pengawas.

“Silahkan ajukan surat permohonan penyelenggaraan UNBK SMP kepada SMKN 1 Solok Selatan dengan persetujuan Komite Sekolah dan dengan rincian biaya yang akan di sepakati bersama” jelas Nur Alam.

“Hal ini telah dilaksanakan di Kota Padang dan beberapa Kabupaten di Sumatera Barat” tambah Nur Alam

UNBK Menghasilkan Kejujuran

Kelebihan dari UNBK adalah anak dituntut untuk jujur dan dilarang menyontek. Hal ini dimungkinkan karena soal dan jawaban akan dibuat acak pada setiap peserta. Sehingga dalam satu ruangan tidak akan ada yang sama urutan soal dan jawabannya. Sehingga kejujuran peserta akan dapat lebih dijaga.

“dalam satu ruang soal yang didapat tidak akan sama karena akan diacak baik nomor soal maupun jawabannya. Sehingga siswa dituntut untuk jujur” kata tambah Nur Alam.

UNBK Lebih Efisien dan Hemat Biaya

Selain itu kelebihan UNBK adalah lebih efisien dalam hal operasional. Pada saat menggunakan kertas, soal dari percetakan akan didistribusikan ke dinas propinsi dan diteruskan ke kabupaten dan akhirnya tiba di sekolah dan siswa. Dengan menggunakan UNBK soal langsung dari pusat di tampilkan langsung di depan layar siswa. Hanya dalam hitungan milidetik tidak perlu berhari-hari.

“Soal langsung dari pusat didownload dan langsung tampil didepan siswa, tidak perlu distribusi yang panjang dan lama” ujar Nur Alam.

“distribusi yang singkat hanya membutuhkan biaya yang sangat kecil, dan jawaban langsung masuk kepusat tidak perlu proses yang panjang dan melelahkan” tambah Nur Alam

Tags: , , ,