Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Target 2017, Seluruh Sanggar Seni Sudah Memiliki Legalitas

Target 2017, Seluruh Sanggar Seni Sudah Memiliki Legalitas
Bujang Basri bersama Sanggar Seni

Sanggar Seni Harus Memiliki Legalitas Resmi

Solok Selatan, Solok Selatan memiliki setidaknya 80 sanggar seni yang tersebar di seluruh Solok Selatan, namun hanya sekitar 20 sanggar seni yang memiliki legalitas berupa akte pendirian dan ijin dari Dinas Pariwisata. Melihat hal ini Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Solok Selatan, Bujang Basri, menargetkan selama 2017 ini seluruh Sanggar Seni sudah memiliki legalitas resmi.

“dari sekitar 80 Sanggar Seni yang ada di Solok Selatan hanya sekitar 20 sanggar seni yang memiliki legalitas. Semoga tahun 2017 ini sudah selesai semua.” jelas Bujang Basri saat ditemui pada pagelaran seni tari dalam rangka Pelantikan DPD PAN Solok Selatan di Hot Water Boom Sapan Maluluang Minggu (12/02/2017)

Pembinaan dan Kesamaan Hak Semua Sanggar

Selain dipergunakan untuk pendataan, legalitas ini akan menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan pembinaan bagi seluruh sanggar seni di Solok Selatan. Sehingga semua Sanggar Seni akan mendapatkan kesamaan hak untuk mendapatkan perhatian dan bimbingan dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

“legalitas ini sangat diperlukan untuk mengembangkan Sanggar Seni, karena pemerintah memiliki dasar untuk melakukan pembinaan bagi sanggar. Sehingga semua sanggar mendapatkan kesempatan yang sama” tambah Bujang Basri.

Melestarikan Budaya dan Menangkal Masuknya Budaya Asing yang Negatif.

Sanggar seni ini sangat penting keberadaannya di tengah masyarakat Solok Selatan. Sanggar Seni berfungsi untuk mempertahankan dan melestarikan budaya Minangkabau, dan sebagai tempat untuk menyalurkan minat dan bakat pemuda/i di Solok Selatan. Selain itu Sanggar Seni juga menjadi penangkal masuknya budaya asing yang negatif ke Solok Selatan.

“Sanggar seni sebagai tempat untuk pemuda/i belajar budaya minangkabau serta untuk menangkal masuknya budaya asing yang negatif di Solok Selatan” ujar Bujang Basri.

Pagelaran Tari

 

Tags: ,