Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

SMKN 5 Solok Selatan Gelar Try Out UNBK

SMKN 5 Solok Selatan Gelar Try Out UNBK
Pelaksanaan Try Out UNBK di SMKN 5 Solok Selatan

Try Out UNBK Pertama Kali SMKN 5 Solok Selatan

KPGD, SMKN 5 Solok Selatan menggelar Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMK untuk pertama kalinya. SMKN 5 Solok Selatan adalah sekolah kedua setingkat SMA/SMK yang akan menyelenggarakan UNBK di Kabupaten Solok Selatan, setelah sebelumnya SMKN 1 Solok Selatan yang tahun lalu telah berhasil melaksanakan UNBK.

“SMKN 5 Solok Selatan akan mengadakan UNBK pada tahun ini, hal ini setelah melalui proses verifikasi Dinas Pendidikan Propinsi dan dinyatakan layak untuk menggelar UNBK pada tahun ini” kata Ramiatun, Waka Kurikulum SMKN 5 Solok Selatan yang juga merupakan Koordinator UNBK SMKN 5 Solok Selatan tahun 2017, pada saat wawancara Senin (13/02/2017) di SMKN 5 Solok Selatan.

Tujuan Try Out

Tujuan Try Out ini adalah untuk memperkenalkan peserta UN SMK dengan metode baru yaitu menggunakan sistem berbasis komputer, yang sebelumnya menggunakan kertas. Sekaligus sebagai simulasi penyelenggaraan UN, sehingga seluruh panitia dan peserta tidak mengalami kendala pada UN sesungguhnya.

“agar siswa mengenal dan tidak canggung pada saat UN sesunguhnya, dan seluruh panitia juga menjadi siap nantinya” tambah Ramiatun.

Tahun 2017 ini peserta UN SMKN 5 Solok Selatan berjumlah 94 peserta dan akan menggunakan komputer sebanyak 33 buah. Sehingga penyelenggaraan UNBK akan dibagi menjadi tiga shift yaitu shift satu (07.30-09.30), shift dua (10.00 – 12.30), dan shift tiga (14.00-16.00).

“jumlah peserta 94, jumlah komputer 33 buah. waktu UN dibagi menjadi tiga shift” tambah Ramiatun.

Pengadaan Komputer Tanpa Bantuan, Hanya Melalui Swadaya

ketika ditanya bagaimana SMKN 5 Solok Selatan mengadakan komputer sebanyak itu ?

“Kami mengadakannya secara swadaya, tidak ada bantuan dari pemerintah sama sekali. Komite dan sekolah saling bahu membahu untuk mengadakan komputer dan sudah menjadi kesepakatan bersama untuk melaksanakan UNBK tahun ini” jelas Mulzamra, Kepala SMKN 5 Solok Selatan.

Try Out UNBK ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 13 dan 14 Februari 2017. Try Out UNBK ini berlangsung untuk dua mata pelajaran yaitu Matematika dan Bahasa Inggris.

Pelaksanaan Try Out UNBK

Tags: , ,