Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Berdayakan Keluarga, Nagari Pasir Talang Barat Bentuk Posdaya

Berdayakan Keluarga, Nagari Pasir Talang Barat Bentuk Posdaya
Okta Fitri, Wali Nagari Pasir Talang Barat

Pembentukan Posdaya Nagari Pasir Talang Barat.

Sungai Pagu, Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan keluarga, Nagari Pasir Talang Barat membentuk Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) di setiap jorong yang ada di Nagari Pasir Talang Barat.

“Kami ingin dengan dibentuknya Posdaya ini, maka terbentuk komunikasi antar keluarga dan masyarakat dalam satu Jorong dan Nagari. Posdaya akan memfasilitas masyarakat di bidang budaya, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kewirausahaan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga” Sambut Wali Nagari Pasir Talang Barat, Okta Fitri pada saat Acara Pembentukan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Nagari Pasir Talang Barat di Aula Kantor Nagari Pasir Talang Barat hari ini (17/02).

Baru 10 Posdaya di Solok Selatan

Solok Selatan baru memiliki 10 Posdaya yang tersebar di Kecamatan KPGD. Dan baru Nagari Pasir Talang Barat yang membentuk Posdaya di Kecamatan Sungai Pagu.

“Saat ini kita (Solok Selatan) baru ada 10 Posdaya. Itupun baru di KPGD. Harapan kami semoga Nagari yang lainnya segera membentuk Posdaya yang sangat baik ini. Hal ini dikarena posdaya merupakan sebuah gerakan untuk membangun kembali gotong royong masyarakat dalam membangun kehidupan berkeluarga, yang dilakukan secara swadaya sehingga masyarakat dapat mandiri” terang Kabid Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Dicky Nanda Utama.

Bantuan akan banyak terserap melalui Posdaya

Posdaya ini merupakan program kerja LKKS Solok Selatan yang diketuai oleh Hj Suriati Muzni. Dalam sambutannya, ia menerangkan bahwa dengan adanya Posdaya maka masyarakat akan memiliki wadah yang resmi untuk melakukan banyak kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“banyak bantuan yang akan bisa diserap melalui Posdaya ini, contohnya adalah Bantuan Usaha Ekonomi Produktif  melalui BAZNAS. Dengan adanya Posdaya juga akan membangun kembali budaya gotong royong dikalangan masyarakat. Masyarakat diharapkan mampu untuk mandiri memecahkan masalah yang ada disekitarnya” Sambut Hj Suriati Muzni.

Ia juga mendorong Wali Nagari lainnya untuk segera mengikuti Nagari Pasir Talang Barat untuk segera membentuk Posadya di Nagarinya.

 

Hj. Suriati Muzni Meresmikan Pembentukan Posdaya Nagari Pasir Talang Barat

Tags: ,