Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

UN Tidak Lagi Menentukan Kelulusan Siswa

UN Tidak Lagi Menentukan Kelulusan Siswa
Ujian Sekolah, img : internet

UN hanya untuk SNMPTN

Sungai Pagu, Ujian Nasional (UN) tidak lagi menentukan kelulusan siswa begitu juga nilai raport. Saat ini yang meluluskan siswa adalah Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Hal ini terungkap dari keterangan Waka Kesiswaan SMAN 1 Solok Selatan, Herison.

“Ujian Nasional dan Nilai Raport berfungsi untuk menentukan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), tidak lagi berfungsi sebagai indikator kelulusan siswa. Semakin tinggi nilai UN yang diraih maka akan semakin besar peluang untuk masuk ke Perguruan Tinggi yang diinginkan” Jelas Herison.

Semua Mata Pelajaran Akan Diujikan

Tingkat kelulusan siswa tidak diukur oleh hanya empat mata pelajaran saja. Namun seluruh mata pelajaran yang ia pelajari. Untuk itulah pemerintah saat ini mengeluarkan kebijakan untuk menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“Nilai US dan USBN lah yang akan menentukan kelulusan siswa. Sekaligus menjadi indikator keberhasilan suatu institusi pendidikan dalam mendidik peserta didiknya” lanjut Herison.

UN, US, dan USBN

Dijelaskan lebih lanjut oleh Alit Anugrah Maria, Waka Humas SMAN 1 Solok Selatan bahwa :

Pada Ujian Nasional (UN) ada 4 mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan  Mata Pelajaran Pilihan pada jurusan masing-masing.

Ujian Sekolah (US) ada 7 mata pelajaran yang diujikan yaitu Seni budaya, penjas, kewirausahaan, lintas minat, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan  Mata Pelajaran Pilihan pada jurusan masing-masing.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ada 6 mata pelajaran yang diujikan yaitu Pai, pkn, sejarah, matpel jurusan, Jurusan Ipa : fisika, kimia, biologi, Jurusan Ips : sosiologi, ekonomi geografi.

“UN dibuat oleh pusat, sedangkan US dan USBN dibuat oleh daerah yaitu kabupaten / kota” jelas Alit.

Tags: , ,