Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

​Wajibkan Hafal 5 Juz, SMP PLUS Darrusshaleh Melahirkan Siswa Berprestasi dan Berakhlak Baik.

​Wajibkan Hafal 5 Juz, SMP PLUS Darrusshaleh Melahirkan Siswa Berprestasi dan Berakhlak Baik.

SMP PLUS Darrusshaleh adalah salah satu sekolah boarding school yang ada di Solok Selatan. 

Fauzia dan Wahyu sama-sama berprestasi di kelas dengan menjadi juara kelas dan Nida adalah salah satu siswi yang berprestasi di bidang tahfidz, sudah 5 juz yang sudah dikuasai. 

SMP PLUS Darrusshaleh juga rutin memberikan izin  untuk santriwan/ti pulang kerumah masing-masing. Dalam hal tersebut, pondok pesantren memberikan izin perpulangan satu kali sebulan, dengan jangka waktu 3 hari 2 malam. Diharapkan dengan jangka waktu yang diberikan dapat mengobati rasa rindu santri terhadap orang tua. 
Sahabat Sejati, hal yang sering ditemui oleh anak pondok biasanya adalah bosan, dikarenakan aktivitas sekolah dan aktivitas lain yang dilakukan berada disatu tempat. 

Namun hal itu dapat segera hilang dikarenakan seringnya berinteraksi dengan teman – teman serta tenaga pengajar pondok pesantren. 

Mengenai faktor yang mempengaruhi, Nida mengaku bahwasanya orang tua adalah faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan Nida untuk bersekolah di Pondok Pesantren. Sementara Fauziah mengaku terinspirasi dari senior (kakak tingkat) yang gigih dalam belajar

Pondok pesantren SMP PLUS Darrusshaleh memulai aktivitas dimulai dari pukul 04.00 WIB yang diawali dengan tahajud bersama, shubuh berjamaah, membersihkan pekarangan, mandi dan lanjut sekolah seperti biasa. 

Program unggulan yang dimiliki oleh SMP PLUS Darrusshaleh adalah adanya program tahfidz. Dengan program tahfidz pondok pesantren memberikan terget untuk dicapai para santri, yakni untuk kelas VII diwajibkan sudah bisa menghafal 5 juz, untuk kelas VIII 3 juz dan untuk kelas IX 2 juz. 

Program lainnya adalah berceramah yang dilakukan oleh seluruh santri setiap selesai sholat magrib. Dan ada juga program khusus bahasa, yakni inggris dan arab. 

Tips dan trik untuk bisa memanajemen waktu agar aktivitas yang dilakukan adalah dengan menyesuaikan waktu belajar dan aktivitas lain sesuai dengan masing-masing individu. 

Seperti yang disampaikan oleh Wahyu, “Tergantung masing-masing kita aja kak, soalnya kan kegiatan kita beda-beda ada yang 

Bercerita mengenai pengalaman menarik, baik Nida, Fauziah dan Wahyu memiliki pengalaman yang berbeda-beda. 

Fauziah memiliki pengalaman ketika mengikuti lomba olimpiade matematika di UNP tahun 2016 yang diikuti oleh 3 Provinsi yakni Jambi, Riau, dan Sumatera Barat. 

Saat itu Fauziah berhasil menduduki peringkat 121 dari ribuan peserta yang ikut. “ Waktu itu dapat peringkat 121 kak, gak masuk final padahal yang masuk final itu diambil sampai peringkat 120, hanya selisih satu kak untuk bisa masuk final” kenang Fauziah. 

Wahyu mengatakan berkumpul bersama teman dan guru adalah pengalaman menarik. “Banyak pengalaman menarik dari kebersamaan bersama teman dan guru kak” tutur Wiwit. 

Mengenai ibadah, tentu tidak terlalaikan sahabat. Terlebih lagi bagi santriwan/ti yang ada di Pondok Pesantren SMP PLUS Darrusshaleh. 

Selain melaksanakan sholat wajib secara berjamaah. Sholat sunnah dhuha dan tahajud pun dilakukan secara berjamaah. Selain itu mengaji dan menghafal juga menjadi aktivitas ibadah rutin yang dilakukan. 

Bagi santriwan/ti yang melanggar dari peraturan sekolah akan dikenakan sanksi, salah satunya adalah membersihkan lingkungan plus mencabut rumput.

Nida Afifatunnisa berkeinginan melanjutkan pendidikannya hingga ke Jerman. Setelah itu Nida ingin mendirikan sebuah sekolah khusus dengan pengembangan bakat anak. 

Fauziah Amalia juga berkeinganan ingin melanjutkan sekolah ke Kairo.” Jadilah diri sendiri, karena dengan begitu kita bisa mengeksplor bakat dan kemampuan kita tanpa khawatir akan orang lain” ujar Fauziah menyampaikan motivasinya. 

Dengan cita- cita menjadi dokter Sri Wahyu Lestari akan berusaha untuk menjadikan masyarakat Solok Selatan selalu sehat. “Man Jadda Wa Jada, Siapa yang bersungguh – sungguh maka akan mendapat” Tutup Wahyu

Tags: ,