Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

FSI El-Fata Ajak Pelajar SMAN 1 Solok Selatan Kembangkan Bakat Kerohanian Islam

FSI El-Fata Ajak Pelajar SMAN 1 Solok Selatan Kembangkan Bakat Kerohanian Islam
FSI El-Fata SMAN 1 Solok Selatan

Forum Studi Islam (FSI) El-Fata adalah salah satu wadah pengembangan bakat yang terdapat di SMAN 1 Solok Selatan. FSI El-Fata khusus dibidang kerohanian islam dan memiliki berbagai bidang sebagai penunjang kegiatan siswa/i SMAN 1 Solok Selatan.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh salah satu pendiri FSI El-Fata, Zulfikri, S. Ag ketika on air program Teman Cerita di Radio Teman Sejati.

“FSI El-Fata merupakan salah satu dari banyaknya wadah pengembangan bakat yang ada di SMAN 1 Solok Selatan”, jelasnya.

Dalam pemaparannya, terdapat beberapa program yaitu program pekanan, bulanan, dan tahunan.

Untuk program pekanan ada kegiatan forum Arrijal, forum Annisa, dan futsal. Sementara untuk program bulanan ada kegiatan khazanah FSI, seperti sekolah umum atau seminar, kultum dengan tiga bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia), MSQ (Musabaqoh Syarhil Al-Qur’an), mabit (malam bina iman dan takwa), nasyid, dan mading. Terakhir untuk program tahunan ada kegiatan camping atau mukhoyyam, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), dakwah ke masyarakat, dan goro (Gotong Royong).

Aldi, selaku ketua bidang olahraga mengaku sangat senang bisa bergabung, karena selain menambah pengetahuan, juga bisa menjaga diri dari perilaku yang tidak baik.

“Kedepannya kita akan memaksimalkan program yang sudah direncanakan. Mudah-mudahan kita bisa istiqomah bersama El-Fata” tutur Aldi.

FSI El-Fata merupakan transformasi dari BRI (Bina Remaja Islam) pada bulan November 2016. Ber-Visi misi untuk membangun character building siswa/i SMAN 1 Solok Selatan.

“Selain sebagai wadah ilmu pengetahuan, namun kita juga berfungsi untuk memberi amunisi akhlak dan akidah bagi siswa/i SMAN 1 Solok Selatan” ujar Zulfikri

Saat ini jumlah pengurus berjumlah 30 orang dan ditempatkan pada program bidang yang sudah disusun.

“FSI ini kan baru diresmikan secara langsung oleh Kepala SMAN 1 Solok Selatan pada bulan November tahun lalu. Dan saat ini tahap penyusunan agenda telah dirampungkan. Selanjutnya mengenai aplikasi program akan kita serahkan kepada pengurus FSI El-Fata. Mudah – mudahan, setiap program akan terlihat aplikasinya dan semoga semakin banyak prestasi yang akan diraih oleh FSI El-Fata guna menarik siswa/i lain bergabung bersama FSI-El Fata” imbuh Zulfikri.

Randi pun turut hadir dan menyampaikan beberapa program yang tengah dilakukan yaitu mading. Mading merupakan hasil karya dan tanggung jawab teman – teman pengurus FSI El-Fata dan akan segera di pajang di depan Mushola SMAN 1 Solok Selatan.

Zulfikri berharap, pengembangan bakat kerohanian islam atau ROHIS hendaknya ada disetiap sekolah se-Solok Selatan, baik tingkat SLTP/sederajat dan SLTA/sederajat, untuk menyeimbangkan pengetahuan serta kecerdasan sang pelajar dengan nilai ibadah atau ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Semoga kedepannya, bagi sekolah yang belum memiliki pengembangan bakat khusus agama akan dibentuk dimasing – masing sekolah. Dengan demikian kita akan bersama – sama untuk menjadikan generasi Solok Selatan yang cerdas dan paham agama” pungkasnya

Tags: , , ,