Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Musrenbang Kecamatan Untuk Menyerap Asmara (Aspirasi Masyarakat)

Musrenbang Kecamatan Untuk Menyerap Asmara (Aspirasi Masyarakat)

Pauh Duo (radiotemansejati) – Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan se-Solok Selatan di Kantor Kecamatan Pauh Duo, Rabu (1/03/2017). 

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan bertujuan untuk menyerap dan menghimpun aspirasi masyarakat (asmara) yang telah disepakati di Musrenbang setiap nagari. Untuk kemudian disesuaikan dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Solok Selatan. 

“RPJMD lima tahunan hendaknya menjadi acuan dan aspirasi dalam pembangunan, sehingga hendaknya hasil musrenbang mendukung RPJMD Solok Selatan” ujar Bupati. 

Bupati menjelaskan bahwa Musrenbang dilakukan setiap tahun dan seluruh usulan akan menjadi bahan masukan untuk APBD tahun selanjutnya. Musrenbang dimulai dari Nagari dan akan diteruskan sampai kecamatan dan akhirnya di tingkat Kabupaten. 

“menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat maupun aparatur pemerintah mulai dari tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten agar dapat menyampaikan dan menghimpun segala bentuk usulan kegiatan pembangunan prioritas” jelas Bupati

Sementara itu Wakil Ketua DPRD, Armen Syahjohan menginginkan agar hasil Reses DPRD dan musrenbang lebih jeli dalam memprioritaskan pembangunan.

“Jangan sampai usulan musrenbang tidak mengakomodir RPJMD, sehingga akan berakibat tidak dimasukkannya usulan ke dalam APBD” ujar Armen. 

Kepala Bapeda Solok Selatan, Syamsurizaldi mengatakan bahwa output/keluaran dari musrenbang kecamatan ini salah satunya adalah usulan ke APBD.

“yang diharapkan dari musrenbang ini dihasilkannya usulan kegiatan yang akan didanai melalui APBD Provinsi dan APBN tahun 2018.” harap Syamsurizaldi.

Tags: , ,