Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

SMPN 3 Solsel, Sekolah Berprestasi Di Gerbang Ibukota

SMPN 3 Solsel, Sekolah Berprestasi Di Gerbang Ibukota
Bintang Pelajar SMPN 3 Solok Selatan

Solok Selatan (radiotemansejati) – SMPN 3 Solok Selatan merupakan sekolah lanjutan tingkat pertama yang terletak di gerbang Ibukota Solok Selatan, Padang Aro. Memiliki segudang prestasi yang mampu ditoreh membuat sekolah ini menjadi sekolah impian bagi pelajar tingkat SLTP.

Pada Bintang Pelajar edisi 03 Maret, Radio Teman Sejati berkesempatan untuk berkenalan dengan siswa/i terbaik dari SMPN 3 Solok Selatan, mereka adalah Chinta Wulandari, Mahira Maharani (Ira) dan Widari Fisengginia (Wida).

Chinta Wulandari, berhasil meraih prestasi juara II FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) bidang batik tingkat kabupaten. Mahira Maharani yang selalu mampu menjadi juara kelas. Dan Widari Fisengginia peserta lomba O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) bidang karate, dan juara I story telling FLS2N tingkat kabupaten.

Dengan motto “Hari ini lebih baik daripada kemarin” Wida bercita – cita ingin menjadi seorang duta besar. sedangkan Chinta “Man Jadda Wa Jada” menjadi kata motivasi untuk menjaga semangat Chinta menuju cita-cita seorang dokter. Dan Ira mengatakan, “Lakukan yang terbaik kak, agar bisa menjadi wirausaha yang cerdas” ujarnya.

Terkait dengan faktor yang mendukung keberhasilan. Ira mengaku bahwa orang tua yang menjadi alasan utamannya. Untuk meraih keberhasilan, sangat diperlukan pengaturan waktu agar efektif. Sehingga kegiatan yang kita lakukan menjadi teratur dan tidak bertabrakan.

“setiap agenda harus diatur waktunya kak, dicatat dan ditempel” Saran Chinta.

Wida pun menambahkan “kalo mau main boleh kak, asal gak lupa aja sama waktu”. Selain mengatur waktu, sebagai muslim yang baik tentunya ibadah tidak dilupakan. “Sholat, mengaji, berdoa dan tawakal adalah kunci sukses untuk menjalani aktivitas sehari- hari” terang mereka dengan serentak.

SMPN 3 Solok Selatan sudah lama memiliki kelas unggul. Setiap tingkatan kelas memiliki satu kelas unggul. Perbedaan kelas unggul adalah

 adanya penambahan alokasi jam belajar pada kelas unggul.

Dan ada juga tambahan ibadah yakni sholat dhuha. Meskipun dilakukan secara sendiri – sendiri, namun pihak sekolah tetap menghimbau siswa/i untuk melakukan sholat dhuha.

Meskipun sekolah negeri, namun sisi keagamaan diterapkan secara maksimal, buktinya saja jika Senin ada upacara bendera, maka Selasa, Rabu ada Tadarus Al Quran, Kamis ceramah dari siswa/i secara bergantian setiap pekannya, dan Jumat mendatangkan ustad untuk menyampaikan tausiyah.

Selain itu di SMPN 3 Solok Selatan sudah membentuk forum An Nisa khusus siswi dan forum Ar Rijal khusus siswa yang dilaksanakan setiap hari Jumat setelah jam pelajaran sekolah. 
“Jika ibadah, agama seorang anak sudah baik, maka kecerdasan intelektualnya akan ikut cerdas” Imbuh Ibu Erdiana S, Pd selaku pembimbing dan guru agama.

Tags: , , ,