Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Simancuang Gelar Dabiah Kabau Nan Gadang ke-50 kali

Simancuang Gelar Dabiah Kabau Nan Gadang ke-50 kali
Bupati makan bersama peserta dabiah kabau nan gadang di Simancuang

Pauh Duo (radiotemansejati) – Daerah Simancuang kembali menampakkan keindahan kebersamaan warganya dengan menggelar Dabiah Kabau Nan Gadang untuk memulai musim tanam padi ke-50 kalinya di Jorong Simancuang, Selasa (7/03/2017). Dihadiri oleh Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, Wakil Bupati Solok Selatan, H Abdul Rahman, Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan, dan unsur pimpinan daerah, beserta ratusan warga Simancuang. Acara ini ditandai dengan makan bersama seluruh peserta.

Bupati mengapresiasi kebersamaaan dan kekompakan yang ditunjukkan oleh warga simancuang. Hal ini akan sangat mendukung program swasembada pangan kabupaten Solok Selatan.

“Tahun ini Solok Selatan untuk mencapai swasembada pangan menargetkan 144.000 ton gabah kering panen dengan 30.000 hektar luas tanam” ujar Bupati.

Bupati juga bangga dengan upaya masyarakat simancuang untuk mempertahakan budaya yang ada sejak lama ini.

“kalau sudah 50 kali artinya sudah lebih dari 16 tahun budaya ini terus dipelihara dan dilestarikan” ujar Bupati.

Melihat potensi alam dan budaya yang dimiliki Simancuang, Bupati menginginkan agar kedepannya wilayah simancuang menjadi Obyek Wisata Alam. Dilatarbelakangi dengan hutan nagari yang masih sangat terawat dan hamparan sawah yang sangat indah berpotensi untuk dijadikan obyek wisata.

Simancuang juga merupakan satu-satunya daerah yang telah dikunjungi oleh 13 negara untuk belajar bagaimana mengelola hutan nagari dengan luas hutan 650 hektar.

Mengenai jalan ke Simancung yang mengalami kerusakan pada beberapa titik, Bupati menjanjikan secepat mungkin untuk melakukan perbaikan dan perlebaran jalan ke simancung.

“khusus untuk jalan tembus Simancung ke Sungai Sirih Koto Birah, Kabupaten mengalami kendala dengan adanya status hutan lindung yang harus dilewati. Pemerintah akan berusaha untuk melobi pemerintah pusat agar kita bisa membangun jalan tembus ini” ujar Bupati.

Dilaporkan juga oleh Kepala UPT Pertanian Kecamatan Pauh Duo, Afnidawati bahwa Daerah Simancuang yang terdiri dari 2 Jorong yaitu Jorong Simancuang dan Jorong Karang Hitam Simancuang memiliki luas tanam 168 hektar dengan produktifitas 5,6 ton per hektar gabah kering panen.

“kita sangat mengapresiasi peningkatan produktifitas ini dari 4,8 ton menjadi 5,6 ton perhektar gabah kering panen” sambut Afnidawati.

Ia menilai keberhasilan pertanian simancung semenjak dilakukannya sistem tanam jajar legowo. yang telah diterapkan oleh kelompok tani sesuai arahan Dinas Pertanian.

Ia berharap kedepannya hasil pertanian ini akan semakin dapat ditingkatkan.

Hidangan Acara Dabiah Kabau nan Gadang, Simancuang

Tags: