Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Rumah Tak Layak Huni, Dinsos Solsel Turunkan Tim Sosial Survey Ke Tandai

Rumah Tak Layak Huni, Dinsos Solsel Turunkan Tim Sosial Survey Ke Tandai

Padang aro (radiotemansejati) – Plt Kepala Dinas Sosial Solok Selatan, Basrial mengatakan dinas sosial telah menurunkan tim sosial untuk mensurvey keadaan rumah tak layak huni di Jorong Tandai, Nagari Lubuk Gadang Timur, Kamis (9/03/2017).

Ia mengakui bahwa benar ada warga Solok Selatan yang bertempat tinggal di rumah tersebut. 

“Benar warga tersebut tinggal disana. Mereka baru menempati rumah tersebut dan letaknya di tengah ladang” ujarnya dalam wawancara, jumat (10/03/2017).

Namun saat ini Dinas Sosial Solsel belum bisa membantu rumah tersebut dikarenakan lahan yang ditempati bukan milik yang bersangkutan. 

“Jadi lahan tersebut bukan miliknya melainkan milik orang tuanya. Dan Kartu Keluarga (KK) yang ia miliki masih menyatu dengan orang tuanya. Sesuai peraturan, bantuan akan bisa dilaksanakan apabila lahan tersebut adalah atas nama yang bersangkutan” jelas Basrial. 

“Ada  program bedah rumah dinsos sebesar Rp. 12 jt/rumah yang  bisa digunakan untuk membantu, namun terbentur peraturan” tambahnya

Beliau menyarankan untuk membuat surat hibah dari orang tua kepada anaknya dan memisahkan Kartu Keluarga. Namun hal ini baru akan terealisasi 2018 apabila di setujui. 

Basrial juga mengusulkan untuk mengirimkan proposal ke Nagari, karena sesuai Perbup No. 12 tahun 2016 Nagari juga diberikan kewenangan untuk sosial diwilayahnya. 

“Silahkan buat proposal ke Nagari untuk meminta bantuan, namun apakah dibantu atau tidak itu wewenang Nagari” jelasnya.

Ia berharap apabila ditemukan rumah tak layak huni yang memenuhi syarat untuk dibantu, silahkan kirimkan proposal ke Dinas Sosial 

Tags: ,