Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Solok Selatan Resmikan Tahfidz Anak Usia Dini (TAUD) Pertama di Sumatera Barat

Solok Selatan Resmikan Tahfidz Anak Usia Dini (TAUD) Pertama di Sumatera Barat
Wakil Bupati Solsel, H. Abdul Rahman Memberikan Selamat Atas Prestasi Iffa

Sungai Pagu (radiotemansejati) – Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman meresmikan Tahfidz Anak Usia Dini (TAUD) Sahabat Al-Quran (SAQU) Al-Ikhlas di Sungai Pagu, Minggu (12/03/2017). ini merupakan TAUD pertama yang didirikan di Provinsi Sumatera Barat.

TAUD SAQU Al-Ikhlas bernaung dibawah Yayasan Raudhatul Huffazh dengan pimpinan Zulkarnaini. Ia mengatakan bahwa sebelumnya telah ada Rumah Tahfidz Al-Ikhlas yang telah empat tahun berjalan.

“Saat ini rumah Tahfidz telah memiliki beberapa program diantaranya adalah Santri Mondok (boarding) yang saat ini berjumlah 7 santri dan satu diantaranya berasal dari Sumatera Selatan, lalu Program Tahfidz Sabtu-Minggu yaitu datang hari sabtu dan pulang hari minggu dengan santri berjumlah 7 santri, Program Tahfidz Pulang Pergi setiap hari kecuali sabtu dan minggu dengan jumlah santri 60 orang, dan yang terakhir Program terbaru kita yaitu TAUD SAQU Al-Ikhlas dengan jumlah 16 santri” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini keseluruhan program tersebut dilayani disebuah rumah yang berukuran 20×10 m dengan luas tanah 800 meter persegi. Dengan daya tampung yang kecil tersebut membuat rumah tahfidz harus banyak menolak peserta didik baru. Ia mengharapkan agar nantinya ada bantuan dari seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas tersebut.

“saat ini kami baru mampu menampung 16 siswa TAUD, dengan jumlah guru 2 orang. Masih ada belasan santri yang sudah antri untuk masuk. Namun saat ini kami belum bisa menerimanya” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa santri TAUD akan menjalani pendidikan selama 3 tahun dan targetnya adalah hafal 3 Juz.

Pembina Yayasan Raudahtul Huffazh, Dra Hj. Anisuldjalis mengungkapkan kebahagiannya atas perkembangan Rumah Tahfidz saat ini. Pada saat awal dibuka santri berjumlah 27 santri namun saat ini sudah berjumlah 80 santri dengan 4 program unggulan.

“Kami sangat berterima kasih, dan bangga atas kinerja dari seluruh pengurus Rumah Tahfidz”

ia pun mengapresiasi perjuangan pengurus untuk membuat TAUD SAQU yang merupakan TAUD pertama di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Kepala KUA Sungai Pagu mengatakan bahwa Rumah Tahfidz Al-Ikhlas sudah terbukti menghasilkan prestasi yang membanggakan. Salah satunya yaitu meraih peringkat lima besar di Tahfiz Cilik RCTI 2015.

Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman sangat mendukung adanya program tahfidz ini. Karena semakin dini diajarkan maka akan semakin bagus bagi anak. Dan orientasi terhadap kepentingan Agama sudah harus ditekankan sejak dini.

“Sudah tidak jamannya lagi seseorang bangga dengan anaknya yang bergelar Doktor, sarjana, namun berbanggalah apabila anaknya bergelar Hafizh” ujar Wabup.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Universitas ternama seperti UI, ITB, dan UNAND memiliki program khusus bagi anak-anak yang hafal Al-Quran untuk masuk tanpa test bahkan dipersilahkan untuk memilih jurusan yang ia kehendaki.

“Rumah Tahfidz merupakan sebuah solusi yang sangat positif, dan dapat menjauhkan anak-anak dari pengaruh negatif seperti narkoba” tambahnya

Ia juga mengemukakan bahwa apa yang telah diperbuat oleh Rumah Tahfidz sangat sesuai dengan visi dan misi Bupati Solok Selatan yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan religius (Serius).

Pada kesempatan yang sama dihadiri oleh Ibu Bhayangkari yang memberikan hadiah kepada peserta wisuda tahfidz. Dan Bank Nagari juga turut memberikan beasiswa kepada 10 santri.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten 1, Fidel Effendi, Kabag Kesra, Zuardi, Baznas, Pimpinan Daerah dan masyarakat sekitar.

Wabup Meresmikan TAUD SAQU Al-Ikhlas

 

Ketua Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Zulkarnaini

 

Penampilan Santri TAUD SAQU Al-Ikhlas

Tags: ,