Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Pesantren Andalusia Harumkan Solok Selatan di Tingkat Nasional

Pesantren Andalusia Harumkan Solok Selatan di Tingkat Nasional
Pesantren Andalusia Solok Selatan

Sungai Pagu (radiotemansejati) – Program Bintang Pelajar Radio Teman Sejati menghadirkan bintang tamu berprestasi dari Pesantren Andalusia, Selasa (21/03/2017). Berdiri tahun 2011, Pesantren Andalusia sudah memiliki sejumlah prestasi membanggakan sampai tingkat nasional.

Pada kesempatan ini dihadiri oleh Muhammmad Husnul Mubarak (Mubarak), Nofrida Yanti (Yanti) dan Husnul Mardiyah (Husnul) merupakan siswa/i Pesantren Andalusia yang mengharumkan nama Solok Selatan. Husnul berprestasi mengikuti Perkemahan Pramuka Santri tingkat nasional di Kalimantan Selatan serta Juara Tahfiz 5 juz Tingkat Provinsi di Sawah Lunto. Sedangkan Yanti berprestasi meraih Juara I Lomba Hafiz Quran 5 juz Tilawah, Juara Tahfiz 10 juz di Pasaman Barat dan kompetensi sains matematika tingkat provinsi di Padang. Sementara Mubarak mengatakan pencapaian prestasinya “Kalau saya ikut lomba baca kitab lanatuthalibin di kabupaten Solok Selatan dan meraih juara II. Pernah juga ikut lomba baca kitab standar se-Sumatera Barat kak”.

Bagi Husnul belajar di pesantren sangat menarik seperti pergaulan dengan teman, banyak hal-hal yang lucu dan suka dukanya juga. Pemuda yang bercita-cita ingin menjadi dokter ini mengidolakan Ibnu Sina seorang ilmuan kedokteran muslim untuk memotivasi dirinya sendiri agar lebih semangat lagi dalam belajar. Yanti merasakan hal yang berbeda ketika belajar di pesantren Andalusia, bisa becanda, bertengkar bahkan pernah menangis bersama teman waktu mengikuti muhasabah. Masa-masa di pesantren adalah kenangan yang tidak bisa di lupakan Yanti.

“Kalau pengalaman menarik yang pernah saya rasakan yaitu ketika makan bersama dan tidur bersama dengan teman-teman” tutur Husnul dengan ceria. Mardiyah yang memiliki motto tinggikan cita-citamu setinggi langit dan rendahkanlah hatimu sedalam mutiara di lautan ternyata ingin menjadi pengusaha yang sukses seperti keluarganya. sedangkan Yanti ingin menjadi seorang dokter penghafal Al-Qur’an.

Pesantren Andalusa juga memiliki program unggulan tahfidz dengan kitab standar.

“Setelah berdiskusi dengan teman-teman akhirnya kami memutuskan ingin mengunggulkan tahfis qur’an dengan kitab strandar/kitab gundul di pesantren Andalusia. Bahkan pada tahun pertama sudah ada santri yang mampu menghafal 3 juz, kemudian kita juga sudah membuat program untuk seluruh santri di asramakan”. jelas pak As’ari selaku pimpinan pondok pesantren Andalusia.

Di pesantren Andalusia juga ada kegiatan olahraga pada waktu sore, dan di malam hari ada kegiatan tahfiz  dan  tahsin (memperbaiki bacaan Al-Quran). Tidak hanya itu para siswanya juga diajarkan tentang pramuka, seni Al-Quran, drum band, muhadharah dan juga qasidah. Untuk melepas lelah belajar, pesantrean Andalusia juga membuat agenda tahunan untuk  study banding keluar daerah.

“ Tahun 2016 kemaren kami melakukan studi banding ke Bukittinggi di pesantren Mualimin, dan pernah juga ke pesantren Arrisalah. Tahun ini setelah selesai ujian semester II  insyaAllah ke Sumatera Thawalib. Ada juga kegiatan rutin lainnya yaitu acara rihlah/refresing ke tempat wisata disekitar Solok Selatan, seperti ke air terjunTangsi Ampek, air terjun Bangun Rejo dan air terjun Ulu Suliti “. pungkas ustad As’ari

Tags: ,