Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

banner 728x90

Menggunakan Mobil Sendiri dari Inggris, Kunjungi Saribu Rumah Gadang

Menggunakan Mobil Sendiri dari Inggris, Kunjungi Saribu Rumah Gadang
Edward dan istri, Dari Inggris berkunjung ke Kawasan Saribu Rumah Gadang

Saribu Rumah Gadang (radiotemansejati) – Aksi Keliling Dunia yang dilakukan oleh Edward White (61 tahun) bersama istrinya (60 tahun) telah sampai di Kawasan Saribu Rumah Gadang tadi malam (31/03/2017). Ditemui radio hari ini di kawasan SRG , sabtu (1/04/2017) ia menceritakan perjalanannya yang luar biasa.

Perjalanan dimulai dari Negara asalnya, Inggris sejak bulan Juli 2016 dengan menggunakan mobil sendiri.

“Sudah 9 bulan kami melakukan perjalanan ini, dari Inggris kami menyusuri jalan darat ke asia, negara Turki, India, Kamboja, Malaysia dan sekarang sampai ke Indonesia, total sudah 14.000 Km perjalanan kami” tuturnya

Ia menceritakan bahwa ia masuk ke Indonesia melalui Malaysia menggunakan kapal dan berlabuh di Surabaya. Perjalanan dilanjutkan ke sumatera melalui Lampung, Bengkulu dan ke Kerinci. Ia juga mengaku bahwa Solok Selatan merupakan salah satu alasan kenapa ia memilih jalur kerinci, ia mendapatkan banyak info mengenai kawasan saribu rumah gadang di Internet.

Kakek dan nenek yang dikaruniai 4 orang anak dan 5 orang cucu ini masih nampak sangat bersemangat mengelilingi dunia. Dan meskipun baru sehari di kawasan SRG ia mengaku sangat kagum dengan keaslian rumah-rumah gadang yang ada.

“rumah-rumah ini sangat unik dan memiliki keaslian arsitektur yang mengagumkan. Apalagi dengan ukiran-ukiran yang ada di Rumah Gadang” kagumnya.

Dan ia semakin kagum ketika diinfokan bahwa rumah-rumah tersebut sudah berusia puluhan tahun bahkan sudah ada yang ratusan tahun masih tampak kokoh berdiri.

“ini luar biasa, anda patut berbangga dengan semua budaya yang ada disini. tidak ada yang seperti ini di negera lain” pujinya.

Pemilik Homestay Rumah Gadang, Ibu Upiak mempersilakan Edward untuk berkunjung dan masuk kedalam rumahnya. Melihat depan rumah gadang Ibu Upiak yang memiliki banyak ukiran Edward mengaku takjub dan terpesona. Dan lebih berkesan lagi suasana di dalam rumah gadang tersebut.

“Antik sekali perabot yang ada di dalam rumah ini, dan sangat terawat. Diluar sangat panas namun ketika masuk kedalamnya sangat nyaman dan sejuk membuat kita betah untuk berlama-lama dan tinggal disini” kagumnya

Setelah dari Solok Selatan, ia akan melanjutkan perjalanan ke Bukit Tinggi dan Istana Pagaruyung. Dan ia berpesan agar kawasan ini tetap dilestarikan dan dijaga.

dengan mobil berkeliling dunia

Dari Inggris dengan mobil pribadi mengunjungi saribu rumah gadang

Tags: