Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Bundo Kandung : Sekolah Adakan Hari Khusus Baju Kurung Basiba

Bundo Kandung : Sekolah Adakan Hari Khusus Baju Kurung Basiba
Kunjungan Ratusan Bundo Kandung Padang dan Payakumbuh

Sungai Pagu (radiotemansejati) – Bundo Kandung Solok Selatan mengutarakan keinginannya agar setiap sekolah mengadakan hari khusus menggunakan Baju Kurung Basiba. Hal ini diungkap oleh Sekretaris Bundo Kandung Kabupaten Solok Selatan, Femitri Ekaputri di sela-sela penerimaan kunjungan ratusan Bundo Kandung Kota Padang dan Payakumbuh, Sabtu (8/04/2017) di kawasan saribu rumah gadang.

Ia mengatakan bahwa generasi saat ini kurang mengenal adat dan istiadat minangkabau. Sehingga bundo kandung, selaku organisasi wanita yang salah satu tujuannya untuk menunjang pelestarian adat istiadat merasa perlu untuk memulai mengenalkan sedini mungkin kepada generasi muda.

“satu-persatu kami berusaha memperkenalkan adat istiadat kepada siswa sekolah, salah satunya adalah menganjurkan kepada sekolah untuk menggunakan Baju Kurung Basiba pada hari tertentu. Belajar BAM (Budaya Adat Minangkabau) saja tidak cukup, harus diiringi dengan aplikasi langsung, salah satunya menggunakan Baju Kurung Basiba” ujarnya.

Meskipun Bundo Kandung Kabupaten Solok Selatan baru dikukuhkan pada tanggal 22 Desember 2016 oleh Bundo Kandung Provinsi Sumatera Barat, Bundo Raudah. Salah satu pengurus Bundo Kandung, Bundo Gesni mengatakan bahwa Bundo kandung bekerjasama dengan BKMT dan PKK kabupaten untuk terus memperkenal adat bersandi sarak, sarak basandi Kitabullah.

“Kami terus melakukan sosialisasi budaya ke sekolah-sekolah dan mengunjungi kecamatan. Sehingga kami bisa membentuk akhlak generasi dari sejak dini” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa bundo kandung merupakan suatu sarana bagi wanita yang sudah diatas 30 tahun, walaupun sudah mulai berusia tua namun bisa tetap berkarya dan memberikan yang terbaik.

Tags: ,