73% Guru TK di Solsel Berstatus Honorer

Padang Aro (radiotemansejati) – Pengurus Kabupaten Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) – PGRI Solok Selatan merilis data terbaru  mengenai jumlah pegawai Taman Kanak-kanak (TK) di Solok Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam data tersebut terlihat bahwa 73% guru TK masih berstatus honorer.

Dalam data yang dipublikasikan dan di tanda tangani oleh Ketua IGTKI – PGRI Solok Selatan, Suryani Augusti, di tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan terdapat 86 sekolah TK dengan jumlah total guru mencapai 319 orang. Dari seluruh guru tersebut 233 orang berstatus honorer (NON PNS) dan 79 orang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil). Dan dari seluruh PNS tersebut yang sudah memiliki sertifikasi hanya 42 orang.

Dikemukankan juga dalam data tersebut bahwa saat ini jumlah murid TK Solok Selatan TP 2016/2017 mencapai 2361 siswa.

Untuk jumlah honorer terbanyak berada di Sungai Pagu yaitu 56 orang. Namun untuk prosentase tertinggi terdapat di Kecamatan Sangir Batang Hari dengan jumlah total guru 31 orang yang telah PNS hanya 1 orang.

Terkait status honorer guru tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Solok Selatan, Ridwan dalam wawancara di Sungai Pagu, Selasa (11/04/2017) mengatakan bahwa guru honorer diangkat oleh Kepala Sekolah TK yang bersangkutan.

“Apabila sekolah mengalami kekurangan guru dan merasa perlu mengangkat guru tambahan, maka kepala sekolah diperbolehkan mengangkat guru honorer” ujarnya.

“Namun untuk status K1, K2 dan K3 adalah kewenangan dari Badan Kepegawaian Daerah” tambahnya.

Ditemui disela-sela Kunjungan Silaturahmi Disdikpora di SMAN 5 Solok Selatan Kepala Disdikpora Solok Selatan, Zulkarnaini mengatakan belum ada informasi pembukaan CPNS guru untuk tahun ini. “Belum, belum ada pembukaan untuk tahun ini” katanya.

 

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: