Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

718 Guru SD Masih Berstatus Honorer

718 Guru SD Masih Berstatus Honorer

Padang Aro (radiotemansejati) – Jumlah guru Sekolah Dasar (SD) yang berstatus honorer saat ini mencapai 718 guru. Hal ini terungkap pada data jumlah guru yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Solok Selatan untuk Tahun Pelajaran 2016/2017.

Dalam data yang di release oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Solok Selatan, Ridwan tersebut terungkap bahwa total guru SD yang ada di Solok Selatan berjumlah 2016 orang.

“Prosentase guru SD honorer di Solok Selatan mencapai 35,61%. Sedangkan total guru PNS se Solok Selatan mencapai 1298” ujarnya.

Kecamatan dengan jumlah guru honorer terbanyak adalah Pauh Duo dengan jumlah 166 guru honorer. Sedangkan kecamatan dengan prosentase tertinggi adalah Sungai Pagu dengan prosentase mencapai 42%.

“Sungai Pagu memiliki 155 guru PNS dan 115 guru non PNS, prosentase guru honorer 42%. Untuk prosentase kecamatan terendah di Sangir Jujuan sebesar 28%” ungkapnya

Adapun kecamatan yang memiliki guru PNS tertinggi adalah Sangir dengan jumlah 303 guru PNS dan 136 guru non PNS.

Terkait status honorer guru tersebut, Ridwan mengatakan bahwa guru honorer diangkat oleh Kepala Sekolah SD yang bersangkutan.

“Apabila sekolah mengalami kekurangan guru dan merasa perlu mengangkat guru tambahan, maka kepala sekolah diperbolehkan mengangkat guru honorer” ujarnya.

“Namun untuk status K1, K2 dan K3 adalah kewenangan dari Badan Kepegawaian Daerah” tambahnya.

Ditemui disela-sela Kunjungan Silaturahmi Disdikpora di SMAN 5 Solok Selatan Kepala Disdikpora Solok Selatan, Zulkarnaini mengatakan belum ada informasi pembukaan CPNS guru untuk tahun ini. “Belum, belum ada pembukaan untuk tahun ini” katanya.

Tags: