Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Solok Selatan Raih EMIS Award

Solok Selatan Raih EMIS Award
Penyerahan EMIS Award Sumatera Barat

Padang Aro (radiotemansejati) – Kementerian Agama (Kemenag) Solok Selatan meraih EMIS Award (Education Management Information System). Penghargaan diterima oleh Kasi Pendidikan Islam Kemenag Solok Selatan, Syaiful Anwar yang diserahkan langsung oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Salman di Mifan Padang Panjang, Sabtu (15/05/2017) pada acara penguatan SDM pengelola EMIS tingkat sumatera barat.

Anwar menjelaskan EMIS adalah aplikasi pendataan lembaga untuk Pendidikan Pondok pesantren dan Pendidikan Agama Islam. “Hampir sama dengan Dapodik di Sekolah Umum” terangnya.

Dalam penjelasannya bahwa penilaian penghargaan berdasarkan pengiriman data yang valid baik berkenaan dengan lembaga pondok pesantren, data santri pondok pesantren, data ustadz/ustadzah, data guru pendidikan agama islam pada sekolah, pengawas, jumlah siswa di sekolah yang ada dibawah lingkungan dinas pendidikan kabupaten solok selatan.

Solok Selatan menempati posisi ketiga untuk kategori Pondok Pesantren, dan posisi keempat untuk kategori Pendidikan Agama Islam. Berikut daftar urutan penerima EMIS Award.

Untuk Award EMIS Pondok pesantren :

  1. Terbaik I kab. Pasaman
  2. Terbaik II kab. Pasaman barat
  3. Terbaik III kab. Solok selatan
  4. Terbaik IV. kab. 50 kota
  5. Terbaik V kab. Tanah datar

Untuk Award EMIS PAI (pendidikan Agama Islam) :

  1. Terbaik I kab. Pasaman barat
  2. Terbaik II kab. Pesisir selatan
  3. Terbaik III kota Solok
  4. Terbaik IV kab. Solok selatan
  5. Terbaik V kota payakumbuh

Ia melanjutkan bahwa di Solok Selatan sendiri telah memiliki lima pondok pesantren yang terdaftar di Kemenag Solok Selatan, diantaranya yaitu :

  1. Pondok pesantren tarbiyah islamiah
  2. Pondok pesantren bustanul huda malus
  3. Pondok pesantren andalusia
  4. Pondok pesantren tarjun najah
  5. Pondok pesantren darul ulum
Tags: