Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

BPBD Adakan Simulasi “Gempa Besar” 26 April 2017

BPBD Adakan Simulasi “Gempa Besar” 26 April 2017
BPBD Solok Selatan Di SMAN 5 Solsel

Padang Aro (radiotemansejati) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan mengadakan simulasi “gempa besar” di Solok Selatan. Dikatakan oleh Kabid Pencegahan dan Kearsipan , Rusdi Hermen bahwa simulasi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2016 tepat pada pukul 10.00, bertepatan dengan dicanangkannya Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) oleh Presiden RI, Joko Widodo di Jakarta.

“Kami akan melaksanakan simulasi gempa tersebut pada 4 kecamatan yaitu KPGD, Sungai Pagu, Pauh Duo, dan sebagian sangir tepatnya di Liki. 4 Kecamatan ini berpotensi gempa besar karena dilalui oleh patahan suliti” ujarnya.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa pada setiap kecamatan tersebut telah dipilih beberapa sekolah mulai dari TK sampai dengan SMA./SMK untuk mengadakan simulasi. Jadi nanti pada saat jam 10 tepat akan dibunyikan alarm, atau lonceng sekolah, atau bel sekolah sebagai penanda dimulainya simulasi gempa.

“pada saat simulasi siswa/i dan guru sedang dalam keadaan belajar di ruang kelas. Pada saat itu akan diperagakan bagaimana menyalamatkan diri dari bahaya gempa di dalam ruangan” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa nanti akan ada yang berpura-pura mengalami luka ringan, luka berat bahkan sampai dengan meninggal. Siswa/i diharapkan akan dapat melakukan pertolongan pertama terhadap teman yang menjadi korban.

“pada saat itu siswa/i akan dikumpulkan menjadi satu disatu titik kumpul yang berada ditengah-tengah sekolah” ujarnya.

Selain sekolah simulasi gempa ini juga diadakan di kantor pemerintahan seperti camat, wali nagari dan pasar.

Simulasi “gempa besar” ini sangat penting dilakukan, karena Kabupaten Solok Selatan memiliki potensi yang tinggi akan terjadinya gempa. Kabupaten Solok Selatan dilalui oleh patahan suliti yang pernah mengalami gempa besar pada tahun 1943 (LIPI). Patahan Suliti membujur dari Danau dibawah sampai dengan liki di Pauh Duo.

“kita tidak perlu takut, namun tetap selalu waspada terhadap gempa ini” tutup Rusdi Hermen.

Tags: ,