Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Ratusan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Padang Adakan PKL di Solsel

Ratusan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Padang Adakan PKL di Solsel
Poltekkes Kemenkes Padang PKL Solok Selatan

Padang Aro (radiotemansejati) – Sebanyak 717 Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Padang mengadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 20 hari.

Diterima langsung oleh Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Muzni Zakaria secara resmi di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Rabu sore (19/4). Dalam sambutannya Bupati menyambut baik kedatangan mahasiswa tersebut dan mendukung sepenuhnya agar PKL berjalan dengan lancar.

Ia juga berharap ilmu yang selama ini diperoleh dibangku perkuliahan dapat diterapkan ditengah-tengah masyarakat, sehingga bisa membantu Solok Selatan cepat lepas dari predikat daerah tertinggal terutama di bidang kesehatan.

“Meski dalam waktu yang relatif singkat, diharapkan juga dengan kehadiran Mahasiswa PKL dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan, terutama membantu memotivasi masyarakat agar memiliki kesadaran dalam berperilaku hidup bersih dan sehat,” harapnya.

Direktur Poltekes Kemenkes Padang, Sunardi, SKM, M.Kes mengatakan PKL dimulai dari tanggal 20 April sampai dengan 10 Mei mendatang. Yang akan ditempatkan di 4 Kecamatan yang ada di Solsel yaitu, Kecamatan Sungai Pagu, Pauh Duo, Sangir dan Sangir Jujuan.

Di Kecamatan Sungai Pagu yaitu Nagari Pasar Muara Labuh, Sako Utara Pasir Talang, Sako Pasir Talang, Pasir Talang Timur, Pasir Talang, Pasir Talang Barat, Pasir Talang Selatan, Bomas, Koto Baru dan Pulakek.

Di Kecamatan Pauh Duo yaitu Nagari Alam Pauh Duo, Kapau Alam Pauh Duo, Pauh Duo Nan Batigo dan Luak Kapau Alam Pauh Duo.

Di Kecamatan Sangir yaitu Nagari Lubuk Gadang Selatan, Lubuk Gadang, Lubuk Gadang Timur dan Lubuk gadang Utara.

Sedangkan di Kecamatan Sangir Jujuan yaitu Nagari Padang Air Dingin, Lubuk Malako, dan Bidar Alam.

Ia menyebutkan, Mahasiswa yang melaksanakan PKL tersebut terdiri dari 5 jurusan yaitu Kesehatan Lingkungan, Kebidanan, Keperawatan, Gizi dan Gigi. “Mereka semua sudah siap digunakkan untuk kepentingan masyarakat, pada jurusan kesehatan lingkungan contohnya, mereka diharapkan dapat mengatasi kebersihan air serta sampah di nagari-nagari tempat mereka PKL. Sedangkan untuk kebidanan kita harapkan mereka juga dapat menurunkan angka kematian ibu yang melahirkan,” ungkapnya.

Ia berharap, agar mahasiswa PKL dapat menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, kepala jorong dan wali nagari untuk kelancaran proses PKL serta kehadiran mereka dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat setempat.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Solsel H. Yulian Efi, MM, Asisten II Epli Rahmat, MM, Kepala OPD, Direktur Poltekes Kemenkes Padang Sunardi, SKM,M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Dr. Merry Yuliesday, Mars.

Tags: