Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Telkom Kucurkan CSR Rp 1 Miliar Untuk UMKM Solok Selatan

Telkom Kucurkan CSR Rp 1 Miliar Untuk UMKM Solok Selatan
Sosialisai CSR Telkom Indonesia

Pauh Duo (radiotemansejati) – PT Telkom Indonesia dan Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Solok Selatan mengadakan sosialisasi program kemitraan PT. Telkom Indonesia dengan calon mitra binaan di Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Wisma Gemini, Kamis (27/4/2017) dan dihadiri oleh puluhan pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Solok Selatan.

PT. Telkom Indonesia yang diwakili oleh Manager HR dan CDC, Wildan Sabirin menyatakan bahwa Telkom siap untuk mengucurkan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp 600 jt sampai dengan Rp 1 Miliar. “Dana tersebut untuk sekita 50 UMKM, dengan besaran yang bervariasi tergantung dari besar usaha dan jumlah yang disetujui” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon mitra binaan Telkom, diantaranya adalah ada usahanya, ada agunan yang bisa dijaminkan, dan tidak sedang melakukan pinjaman pihak ketiga seperti Bank.

Kepala Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan, Azizah Mutia menyambut baik program CSR Telkom yang akan masuk ke Solok Selatan. “Ini yang pertama kali bagi PT Telkom Indonesia untuk membuat program CSR di Solok Selatan, tentu kami menyambut baik program ini. Karena akan memberikan banyak kemudahan dan akan menstimulasi perkembangan UMKM di Solok Selatan” ujarnya.

Ia juga melanjutkan bahwa kendala yang sering kalo ditemui dilapangan adalah tidak adanya agunan yang sesuai dengan permintaan perusahaan. “Kalau ada agunan BPKB kendaraan bermotor, sering kali pajaknya sudah mati sehingga tidak bisa dilanjutkan” jelasnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan UKM, Tri Susanti menjelaskan bahwa saat ini di Solok Selatan sudah terdapat 3500 UMKM yang terdaftar. Mereka bergerak di berbagai bidang seperti makanan, minuman, kerajinan tangan, dan lain-lain.

Ia juga menjelaskan selain Telkom sudah ada beberapa perusahaan yang telah memberikan CSR nya di Solok Selatan. “Seperti Semen Padang dan KUR dari Bank” ujarnya.

Dalam penutupnya ia berharap semoga dana CSR yang nantinya didapatkan jangan sampai disalahgunakan.

Tags: ,