Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Lagu Dangdut Ini Susah Ditiru

Lagu Dangdut Ini Susah Ditiru
Ilustrasi

Setiap lagu memiliki aransemen musik yang beragam. Aransemen musik bisa memadukan berbagai unsur musik, baik dengan unsur etnis maupun kolaborasi dengan berbagai jenis genre musik lainnya. Begitu juga dengan musik dangdut, walaupun musik ini memiliki ciri khasnya tersendiri, namun bukan berarti musik dangdut tidak bisa dikembangkan dengan aransemen musik yang menarik. Musik dangdut bisa juga dipadukan dengan genre musik rock, jazz, swing, blues maupun dengan musik etnis khas daerah seperti sunda, jaipongan, tarling dan berbagai genre musik lainnya.

Semakin banyaknya kolaborasi musik yang ada dalam setiap lagu maka akan membuat sebuah aransemen musik yang memerlukan keahlian khusus sehingga tidak mudah untuk dimainkan. Hal ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi musisi dalam mengembangkan musik dan bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan pengetahuan tentang musik. Berikut ini adalah contoh yang memiliki aransemen cukup sulit :

 

  1. ADUHAI II (Camelia Malik & Reynold Panggabean)

Lagu dangdut yang dirilis ulang ini memadukan berbagai unsur musik. Mulai dari Rock, Jazz, Klasik, sampai unsur etnis (Sunda) denga tempo lagunya yang cepat. Tingkat kesulitan lagu ini terdapat pada bagian intro, interlude dan coda. Pada bagian intro akan diawali dengan permainan solo gitar, pada bagian coda dan endingnya berisi musik instrumentalia.

Permainan individu para musisi menjadi daya tarik dalam aransemen Lagu Aduhai II ini yaitunya pada permainan alat musik gitar, piano, keyboard, drum seruling yang semuanya ambil bagian untuk bermain secara solo, ditambah lagi dengan permainan gendang yang membutuhkan power dan stabilitas tinggi dalam mengatur tempo.

 

  1. PERSATUAN / BERSATULAH (Rhoma Irama & Soneta Grup)

Berbeda dengan karakter kesulitan dengan lagu Aduhai II, tingkat kesulitan lagu ini terdapat pada kekompakan bermain musiknya. Terutama dalam break-break yang menjadi mayoritas. Terdapat pada bagian intro, interval dan interlude.

Salah sedikit saja maka lagu ini akan langsung terdengar sumbang, diperlukan kekompakan yang tinggi dalam membuat aransemen musik pada lagu ini.

Banyak sekali Grup Dangdut yang gagal dalam membawakan lagu ini karena sulitnya dalam menjaga kekompakan, sebut saja OM. New Palapa dan OM. Monata yang kesulitan saat membawakan lagu ini.

 

  1. GOYANG HEBOH (Nitha Thalia)

Lagu dangdut original yang muncul di era 2000-an ini memiliki sentuhan musik Rock Cadas yang pastinya memiliki aransemen musik yang sulit. tempo lagu yang cepat serta permainan individu musisi sangat menonjol dalam lagu ini terutama gitar dan drum.

Sang gitaris menonjolkan permainan gitar dengan tempo tinggi sehingga memerlukan keahlian khusus terutama dalam hal finger speed. Begitu juga dengan permainan drumnya yang membutuhkan power dan stabilitas tempo.

 

Nah, itulah beberapa lagu dangdut dengan aransemen musik yang bisa dikatakan sangat sulit untuk dibawakan, khususnya bagi seniman dangdut. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin meningkatkan kualitas skill bermusik dangdut atau hanya sekedar untuk menambah perbendaharaan koleksi musik dangdut yang bisa digunakan sewaktu dibutuhkan.

Tags: