Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

banner 728x90

Tips Menjadi Remaja Yang Lebih Baik

Tips Menjadi Remaja Yang Lebih Baik
remaja yang lebih baik, img : internet

Sungai Pagu (radiotemansejati) – Menjadi lebih baik dari hari ke hari tentu saja merupakan mimpi dan idaman setiap remaja. Remaja yang baru saja mengenal apa itu dunia sering kali diliputi oleh kecemasan dan kegalauan. Lalu bagaimana menjadikan diri kita semakin baik dari hari kehari ?.

Ternyata banyak hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjadi remaja yang lebih baik. Walaupun sederhana, tetap juga butuh konsistensi dalam menerapkannya. Penasaran bagaimana caranya ? yuk baca terus artikel ini.

  1. Temukan Jati Dirimu

Untuk menemukan jati dirimu, kamu harus mengenali dirimu baik secara fisik ataupun emosional. Setelah itu terimalah dirimu dengan baik. Secara fisik mungkin kamu kurus atau tinggi atau gemuk atau langsing. Terimalah dan jangan pernah membandingkannya dengan orang lain.

Lalu kenali dirimu secara emosional, apakah kamu punya emosi yang tidak stabil, mudah riang atau cepat sedih. Dengan menemukan jati dirimu kamu akan segera mengetahui mana kelebihan dan mana kekuranganmu. Dan pada masa remajamu ini lah waktu terbaik untuk memperbaiki semuanya.

Jati diri, img : internet

  1. Tidak lari dari masalah

Rata-rata pada umumnya ketika remaja punya masalah mereka bingung bagaimana cara menyelesaikannya dan cenderung ingin cepat selesai. Jangan lari dari masalah tapi hadapilah, cari orang yang kamu nilai mampu membantu masalah tersebut dan berbagi. Kita sebagai makhluk sosial tidak mampu untuk berdiri sendiri  disini peran otang tua teman guru sebagai tempat untuk berbagi masalah.

  1. Terapkan bakat yang kamu miliki

Bakat biasanya diartikan sebagai keterampilan bawaan lahir yang dimiliki oleh semua orang. Benar bahwa mempunyai bakat dapat membantu kehidupan remaja, dan keterampilan itu harus dicoba, dikenali dan dilatih. Kamu bisa menggunakan bakat untuk melakukan kebaikan. Fokuslah pada kemampuan yang dimiliki dan kembangkan itu secara optimal.

  1. Pilihlah teman yang tepat

Bagi remaja, keluarga adalah teman yang paling dekat, namun remaja sekarang sudah mengurangi waktu bersama keluarga dan lebih banyak waktu bersama teman-temannya. Remaja harus punya teman yang baik dan tepat, karena lingkungan akan membentuk jati dirimu. Carilah teman sebanyak-banyaknya, namun ingat carilah teman yang tepat dan baik.

  1. Orang tua sebagai tempat curhat

Idealnya orang tua dalah tempat curhat yang paling tepat bagi remaja karena orang tualah yang paling tau karakteristik anaknya. Sekarang ini banyak remaja tidak menjadikan orang tuanya tempat curhat bahkan lebih memilih curhat kepada orang lain. Akhirnya pada kondisi yang labil, bukannya memberikan solusi malah hanya akan menambah masalah.

Orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Jadi tidak mungkin donk orang tua memberikan solusi yang malah merusak. So, percaya deh sama orang tua.

  1. Mandiri

Mulailah untuk berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab terhadap keputusan tersebut. Dimulai dari hal-hal sederhana, kamu sudah harus bertanggung jawab untuk perlengkapan sekolah dan kebutuhan pribadimu. Jangan terus menerus mengandalkan orang tua.

  1. Percaya diri / Pede aja lagi.

Percaya diri atau punya konsep diri yang positif yaitu benar-benar menerima dirinya apa adanya, tidak membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain atau temannya dan dia  bersyukur atas anugrah terbesar dalam diri kita. Anak-anak yang percaya diri bisa dilihat sekilas dari penampilannya yaitu tidak ikut-ikutan tren tanpa tau dasarnya. Kalau remaja yang percaya diri apapun yang dilakukannya dia punya dasar tanpa ikut-ikutan tren.

Tags: