Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Tingkatkan Pelayanan Dua Puskesmas Diakreditasi

Tingkatkan Pelayanan Dua Puskesmas Diakreditasi
Puskesmas Solok Selatan

Padang Aro (radiotemansejati) – Untuk meningkatkan pelayanan dan administrasi Puskesmas yang ada di Kabupaten Solok Selatan. Dinas Kesehatan Solok Selatan melalui dana APBN melaksanakan penilaian akreditasi terhadap Puskesmas yang ada di Solok Selatan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Solok Selatan, Yulfiano melalui wawancara, Kamis (4/05/2017).

Ia menjelaskan saat ini ada dua puskemas yang sedang dilakukan penilaian. “Puskesmas Abai dan Puskesmas Lubuk Gadang. Penilaian tersebut dilakukan oleh Tim Independent dari Komisi Akreditasi Pusat pada tanggal 3 s.d 7 Mei 2017” jelasnya.

Dalam penjelasannya bahwa akreditasi puskesmas ini sangat penting dilakukan untuk mengukur pelayanan dan administrasi Puskesmas . “dari hasil tersebut dapat dilakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan, sehingga semakin lebih baik lagi” ujarnya.

Ada tiga aspek penilaian yang dilakukan pada akreditasi tersebut yaitu Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Administrasi dan Manajemen Puskesmas. “Hasil penilaian dari ketiga aspek tersebut akan keluar 3 bulan setelah dilakukan penilaian” tambahnya

Adapun tingkatan Akreditas Puskesmas yang bisa diraih yaitu Tidak Terakreditasi, Akreditasi Dasar, Akreditasi Madya, Akreditasi Utama, dan yang paling tinggi adalah Akreditasi Paripurna. “Dikabupaten Solok Selatan sudah ada tiga Puskemas yang memiliki akreditasi yaitu Puskesmas Pakan Rabaa dan Talunan mendapat Akreditasi Dasar, dan Puskemas Bidara Alam mendapat Akreditasi Madya” jelasnya.

Apabila ternyata Puskesmas mendapatkan peringkat Tidak Terakreditasi maka akan diberikan waktu selama enam bulan untuk memperbaikinya. Dan akan dilaksanakan penilaian kembali. “Akreditasi yang didapatkan akan berlaku selama tiga tahun, setelah itu harus dilakukan penilaian kembali” tambahnya.

Tags: