Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Infrastruktur

Jalan Tembus Koto Birah – Simancuang Masuki Tahap Amdal

Jalan Tembus Koto Birah – Simancuang Masuki Tahap Amdal
Jalan Tembu Koto Birah - simancuang

Padang Aro (radiotemansejati) -Pembangunan jalan tembus Koto Birah – Simancuang yang sempat terhenti selama beberapa tahun karena terkendala status hutan lindung yang harus dilewati.

“Jalan tersebut sebenarnya sudah lama ada, dan dulu sempat pemda akan meningkatkan jalan tersebut namun terkendala status hutan lindung,” ujar Kabid Perencanaan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Solok Selatan. Novi Hendrix di Padang Aro, Rabu (4/10/2017).

Bertempat di Kantor Bupati Solok Selatan, Tim Penilai Amdal (Analisa Dampak Lingkungan) jalan tembus tersebut melakukan Sidang Analisa Amdal dihadiri oleh seluruh komponen, pemerintah kabupaten, wali nagari, camat, Dinas Pekerjaan Umum, dan Konsultan Perencana.

Dalam sidang terungkap jalan tersebut memiliki jarak 9,70 Km dan melintasi beberapa lahan hutan lindung, hutan produksi terbatas (HPT), Pemukiman Perkotaan Pakan Selasa, Perkebunan Rakyat, Perkebunan Besar dan Persawahan.

“Untuk hutan lindung kita perlu surat pinjam pakai kawasan hutan lindung untuk jalan, dan itu sedang dalam proses semoga tidak lama lagi akan keluar ijinnya” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa dalam kawasan hutan lindung terdapat flora dan fauna yang harus dijaga kelestariannya. “Jangan sampai jalan tersebut membuat fauna (hewan) menjadi kesulitan untuk mencari makan dan berkembang biak,” katanya.

Dan ia juga menekankan agar jangan sampai dengan terbukanya jalan tersebut akan membuka peluang pembalakan liar di dalam hutan lindung. “Kita harus pikirkan konsepnya secara matang,” tuturnya.

Hasil dari sidang tersebut adalan ijin lingkungan yang akan digunakan sebagai dasar pengajuan ijin pinjam pakai kawasan. Dan sebagai dasar untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahanrayat (PUPR) untuk segera memulai pekerjaan pembangunan jalan tersebut.

Tags: ,