Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

PT. BIB Ajukan UKL-UPL Eksplorasi Tambang Emas di Solsel

PT. BIB Ajukan UKL-UPL Eksplorasi Tambang Emas di Solsel

Padang Aro (radiotemansejati) – PT. Bumi Indonesia Bersinar (PT BIB) bermaksud mengadakan eksplorasi (penelitian) kandungan emas yang berada di wilayah Solok Selatan. 

Adapun wilayah penelitian PT. BIB berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, seiliran Sungai Batang Bangko yang berada di dalam Hutan Produksi Terbatas (HPT). 

Untuk memperoleh ijin penelitian tersebut pihak PT. BIB mengadakan Rapat Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) di Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (18/10/2017). 

“Kami baru masuk tahap eksplorasi (penelitian). Apabila memang memiliki hasil yang positif (emas) maka bisa kami lanjutkan ke tahap eksploitas, kalau tidak ada ya kami tidak akan lanjutkan,” ujar Direktur PT. BIB, Ir. H. Hary Sunaryo.

Secara umum kegiatan eksplorasi PT. BIB yang akan dilakukan adalah pemetaan geologi semi detail, eksplorasi geokimia dan geofisika.

“Untuk kegiatan eksplorasi geofisika ini nantinya akan dilakukan pemboran uji setiap titik yang ada “ore body” pada areal seluas 40m2, dengan jumlah 50 titik,” jelasnya. 

Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria mendukung penuh adanya perusahaan tambang yang resmi di Solok Selatan. 

“Dari sekian banyak yang melakukan tambang di Solok Selatan, semuanya ilegal. Tidak ada satupun yang resmi. Masyarakat dan kabupaten solok selatan dirugikan oleh adanya tambang liar tersebut,” katanya.

Bupati berharap dengan adanya perusahaan tambang resmi akan memberikan sumbangsih pendapatan bagi Kabupaten Solok Selatan.

“Bisa dalam bentuk Bagi Hasil ke daerah maupun dalam bentuk CSR (Coorporate Social Responsibility),” tambahnya.

Kabid Perencanaan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Solok Selatan, Novi Hendrix mengatakan kegiatan penelitian yang dilakukan PT. BIB baru tahap awal dari perjalanan panjang yang harus di tempuh oleh PT. BIB. 

“Ijin tambang nanti akan diputuskan oleh pusat, bukan dari Kabupaten. Namun kita berharap tambang legal ini terwujud agar memberikan hasil yang nyata untuk masyarakat dan solok selatan,” ujarnya.

Tags: ,