Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Solsel Latih Kewirausahaan UMKM di Kawasan Wisata

Solsel Latih Kewirausahaan UMKM di Kawasan Wisata

Pauh Duo (radiotemansejati) – Untuk meningkatkan kemampuan dan pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Solok Selatan (Solsel), Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Perindagkop) Solsel menggelar pelatihan kewirausahaan di Pauh Duo, Rabu (18/10/2017).

Kepala Dinas Perindagkop UKM Solsel, Akhirman mengatakan pelatihan kewirausahaan selama dua hari tersebut difokuskan pada UMKM di kawasan wisata. 

“20 pelaku usaha kami undang, seperti UMKM Goa Batu Kapal dari Sangir Balai Janggo, UMKM Hot Water Boom di Sapan sari, dan UMKM Saribu Rumah Gadang (SRG) di Koto Baru,” jelasnya.

Pelatihan Kewirausahaan UMKM Kawasan Wisata Solok Selatan

Sementara itu, Kabid Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop UKM, Azizah Mutia mengajak peserta agar mempunyai inisiatif dalam mengembangkan usahanya daripada mengharapkan bantuan dari dinas perindagkop solsel.
“Kami mengharapkan UMKM solsel lebih berinisiatif mengembangkan usahanya, terutama di kawasan wisata seperti Kawasan SRG dan GBK,” ujarnya saat memberikan arahan pelatihan.

“Misalnya UMKM solok selatan bisa menyediakan kuliner yang menarik dan unik kepada wisatawan di tempat usahanya”, tuturnya.

Narasumber dari Dinas Perindag Provinsi Sumatera Barat Bidang Fungsional, Setiawan mengharapkan setelah pelatihan ini pelaku UMKM bisa melatih bagaimana setiap yang dikerjakan mampu menghasilkan, mengolah kemampuan, dan meningkatkan mutu.

Lalu memahami konsumen dan meningkatkan pelayanannya serta melakukan komunikasi bisnis dengan baik.

“Kunci suksesnya adalah 4D yaitu, do, dana, do’a, dan derma,” ujarnya saat memberikan materi pelatihan.

Ermansyah (31) dari UMKM Bangun Rejo mengaku sangat senang saat mengikuti pelatihan.

“Dengan adanya pelatihan ini kami merasa sangat terbantu untuk mengelola sebuah usaha, terutama dibidang pariwisata” ujarnya.

Tags: , ,