Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

banner 728x90

PKK Nagari Berhak Atas Dana Desa

PKK Nagari Berhak Atas Dana Desa

Padang Aro (radiotemansejati) – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Nagari memiliki hak atas sebagian dana desa untuk menjalankan program-program PKK di Nagari. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno saat memberikan pembinaan gerakan PKK tingkat Kabupaten Solok Selatan (Solsel) di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solsel, Selasa (31/10).

Ia menyebutkan, TP-PKK di nagari-nagari mempunyai hak untuk mendapatkan anggaran dari dana desa di masing-masing nagari, karena 30 persen dari dana desa adalah untuk pemberdayaan masyarakat.

“Apabila dana desanya 2 Miliar, 30 persen dari itu sekitar 500 Juta bisa digunakan untuk peberdayaan masyarakat, ibu-ibu dapat 200 Juta saja untuk kegiatan PKK itu sudah luar biasa,” tururnya.

Dari 30% pemberdayaan masyarakat tersebut, lanjutnya, PKK Nagari bisa setidaknya mendapatkan anggaran untuk menjalankan program-program pemberdayaan yang telah dirancang.

Ia menyebutkan, pentingnya Ketua PKK Nagari untuk menyambil sebagian dari dana desa kerena, apabila mengharapkan dari APBD Kabupaten saja, maka tidak akan mencukupi.

“Tidak bisa hanya diharapkan dari APBD PKK Kabupaten, PKK Nagari harus, wajib menyambil dana desa untuk PKK, minta sama Pak Wali nya,” tururnya.

Dengan bantuan dana desa tersebut, PKK Nagari bisa membuat berbagai program untuk pemberdayaan masyarakat tanpa harus bergantung kepada anggaran di PKK Kabupaten.

“Ibu-ibu Wali bisa membuat sendiri program kerjanya, mulai dari penyuluhan berjenjang, lomba-lomba PKK, serta pembinaan di tingkat nagari,” ungkap ny Nevi.

Disamping itu, Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten I Fidel Efendi menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan Tim Penggerak PKK, karena terbukti banyak manfaatnya bagi masyarakat. Dengan dasawisma sebagai ujung tombak PKK telah banyak mensukseskan program pemberdayaan masyarakat di Solok Selatan.

“Melalui pendidikan pola asuh anak, PK menjadikan kelaurga sebagai pendidikan awal yang bisa membentuk karakter anak, dengan kegiatan UP2K bisa menambah pendapatan keluarga, khususnya bagi ibu-ibu. Dengan pemanfaatan lahan pakarangan, dpaat menjadikan halaman asri indah dan nyaman,” ungkap fidel efendi mengapresiasi.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan Ny Suriati Muzni mengungkapkan, saat ini kelompok dasawisma yang merupakan ujung tombok TP-PKK Kabupaten Solok Selatan berjumlah 1812 kelompok, 289 kelompok posyandi dengan tingkat madya 91 kelompok, purnama 148 kelompok, mandiri 50 kelompok dengan jumlah kader posyandu 1293 orang.
Ia menyebutkan, TP-PKK Kabupaten Solok Selatan tidak selalu disuguhi dengan program-program saja, tapi yang paling utama memperbaiki dan meningkatkan kualitas SDM kader-kader melalui pelatihan, sosialisasi dan pembekalan yang berkaitan dengan 10 program pkk.

Tags: , ,