Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

banner 728x90

Angka Perceraian di Solok Selatan Tinggi

Angka Perceraian di Solok Selatan Tinggi
Foto : Internet

Padang Aro (radiotemansejati) – Kepala Kemenag Solsel, Syahrul menyebutkan angka perceraian di Solok Selatan cukup tinggi jika dibandingkan dengan jumlah orang yang menikah tiap tahunnya.

Ia menyebutkan, di tahun 2016 angka pernikahan di solok selatan mencapai 1.191 orang melaksanakan pernikahan dan lebih dari 240 orang bercerai. Sedangkan di tahun 2017, dari bulan januari sampai juni, tercatat sebanyak 574 orang menikah dan 122 pasang bercerai.

“Jika dipersentasekan, hampir 20 persen perceraian terjadi di tahun ini jika dibandingkan dengan angka pernikahan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, faktor utama penyebab terjadinya perceraian di solok selatan karena pasangan tersebut tidak siap dalam menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah.

“Banyak yang menikah hanya siap secara fisik, tetapi secara agama, ekonomi, kesehatan dan sosial kemasyarakat mereka belum mampu dan tidak diperhatikan,” ungkapnya.

Untuk meminimalisir perceraian tersebut Kemenag Solsel membentuk Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kecamatan se Solok Selatan (Solsel).

Pengukuhan BP4 Kecamatan

Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria langsung mengukuhkan petugas BP4 Kecamatan tersebut di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solsel, Selasa (14/11/2017)

Usai pengukuhan bupati berpesan kepada Petugas BP4 agar pembinaan pra nikah dilakukan tidak hanya saat akan melaksanakana akad nikah saja, tapi juga jauh-jauh sebelum seseorang menikah diberikan pengarahan dan nasehat pernikahan.

“Kebanyakan terjadinya perceraian karena kurangnya arahan dan nasehat baik itu sebelum menikah maupun setelah menikah,” tutur Bupati.

Dengan pengukuhan BP4 di kecamatan, Bupati berharap akan dapat menurunkan angka perceraian di Solok Selatan.

 

Tags: