Nagari Diharapkan Jadi Penggerak Pariwisata SRG

Solok Selatan (radiotemansejati) – Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Sumatera Barat, Muhammad Subari menilai Wali Nagari Koto Baru harus mampu menjadi penggerak pariwisata di kawasan Saribu Rumah Gadang. 

Muhammad Subari Menjelaskan Peran Nagari Dalam Pariwisata

“Nagari dengan Wali Nagarinya sebagai perpanjangan tangan pemerintah kabupaten seharusnya mampu mensinergikan berbagai elemen di masyarakat kawasan saribu rumah gadang” ujar Subari di Sungai Pagu, Rabu (20/12/2017).

Wali Nagari berperan sebagai regulator dan pengawas berjalannya pariwisata di Kawasan SRG. Namun nagari juga harus tetap bekerjasama ninik mamak dan alim ulama melalui Kerapatan Adat Nagari sehingga semua selaras dan tidak ada yang saling tumpang tindih.

Ia mencontohkan kemajuan desa adat di Bali selalu dimulai dari desanya masing-masing. Dengan kepala desa adat sebagai pengawas dan regulator. 

“Kawasan SRG mempunyai kemiripan pola wisata dengan yang ada di Bali. Saya yakin dengan potensi yang besar ini akan mampu membuat SRG semakin ramai dikunjungi,” ujarnya

Ia juga menilai Dinas Pariwisata Solok Selatan harus lebih proaktif dalam membina dan melihat hal-hal yang diperlukan oleh para elemen pariwisata di kawasan SRG. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close