Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Pariwisata

Sekber Solsel Benahi Jalur Pendakian Kerinci

Sekber Solsel Benahi Jalur Pendakian Kerinci
Posko Pendakian Kerinci Dari Solok Selatan

Padang Aro (radiotemansejati) – Sebelum dibuka sepenuhnya, Sekretariat Bersama (sekber) Pendakian Kerinci dari Solok Selatan melakukan pembersihan jalur terlebih dahulu. Kegiatan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu enam hari.

Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis  dan Destinasi Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Aig Wadenko di Padang Aro, Selasa (2/1/2018) mengatakan, pembenahan jalur diperlukan karena sudah 1,5 tahun jalur tersebut tidak dilewati semenjak survey jalur pendakian terakhir.

“Dari 14,2 Km jalur pendakian, 8 Km-nya adalah vegetasi alami, masih berupa hutan hujan tropis yang lebat dan rapat. Sehingga cepat sekali tertutup,” katanya.

13 orang ditugaskan untuk melakukan tugas pembenahan tersebut sejak Minggu (31/1/2017), berasal dari Sekber dan Pencinta Alam. Ditargetkan kegiatan tersebut selesai pada Jumat (6/1/2018).

Selain membersihkan jalur, sekber juga memasang rambu dan papan petunjuk arah sepanjang jalur pendakian.

“kalau sudah selesai seluruhnya, jalur pendakian akan kami buka untuk umum. Namun tetap dibatasi jumlah pendaki setiap harinya, mungkin sekitar 50 pendaki,” jelasnya.

Aig menuturkan, jalur tersebut sangat cocok bagi para peneliti, dan pendaki yang telah berpengalaman. Sepanjang jalur akan banyak ditemui flora dan fauna yang langka dijumpai.

Tags: ,