Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Pendakian

Mistis !! Larangan Naik Gunung Kerinci Pada Jam 12 Siang

Mistis !! Larangan Naik Gunung Kerinci Pada Jam 12 Siang

Padang Aro (radiotemansejati) – Bagi yang ingin mendaki Gunung Kerinci dari Jalur Solok Selatan ada satu pantangan yang tidak boleh dilanggar. Percaya atau tidak ini dia pantangannya.

Beredar cerita dikalangan para pemandu wisata (guide) dan pelaku pariwisata di Pendakian Gunung Kerinci bahwa pada jam 12 siang pendaki tidak boleh mengambil air bahkan mendekatinya saja tidak boleh.

“Kami selalu berpesan kepada pendaki agar pada saat pas jam 12 siang, jangan main air atau ambil air dulu di sungai-sungai yang ditemui di sepanjang jalur pendakian,” ujar salah satu guide sekaligus Korda Sekber Pencinta Alam Solsel, Hendri Winalsa Syarif dihubungi melalui pesan singkat, Senin (15/1).

Hal tersebut ditambahkannya merupakan kearifan lokal yang harus dijaga dan dihormati. Seperti diketahui di Gunung berapi tertinggi se-asia tenggara tersebut terkenal dengan penghuni lokal yang disebut orang bunian.

“Banyak yang mengaitkan hal tersebut dengan keberadaan orang bunian, jadi hendaknya kita sadar diri,” tambahnya.

Hendra menceritakan hal tersebut pernah terjadi oleh tim survey lintasan pada awal tahun 2017.

“Sempat ada yang sakit perut, atau mules, atau gak enak badan. Bahkan pada saat itu harus dijemput oleh tim lainnya, padahal yang bersangkutan sudah biasa naik gunung,” ceritanya.

Ia mengingatkan kepada para pendaki yang ingin mendaki agar serius mempersiapkan diri dan jaga tata tertib terhadap lingkungan selama perjalanan.

Dan ia juga mengingatkan agar mereka tidak terlalu santai dan riang sepanjang perjalanan.

“ibaratnya kita ini hanyalah tamu disana, kalau kita menghormati tuan rumah dan tidak berbuat semena-mena maka perjalanan kita akan lancar,” tukasnya.

Tags: ,