Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Waspada Rabies

Digigit Anjing Gila, Balita Dirujuk Ke Singapura

Digigit Anjing Gila, Balita Dirujuk Ke Singapura

Padang Aro (radiotemansejati) –
Seorang balita, Aidil Angga Putra (3) warga Jorong Sungai Rambutan, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Sangir dirujuk ke Singapura setelah mengalami luka gigitan serius dibagian kepala oleh anjing positif terjangkit rabies.

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Solok Selatan, Yuherdi di Padang Aro (23/1) membenarkan kejadian tersebut. Dan anjing tersebut milik pribadi orang tua korban.

“Peristiwa tersebut terjadi pada hari minggu, 14 Januari 2018 dan baru dilaporkan kepada kami senin, 15 Januari 2018,” katanya.

Kejadian bermula pada saat korban melihat anjing miliknya berkelahi dengan anjing lainnya. Lalu ia melepar kedua anjing tersebut dengan batu.

“Anjing milik korban lalu mengejar korban dan menggigitnya, pada bagian lengan, kaki, leher dan kepala korban,” tuturnya.

Korban sempat dibawa ke Puskesmas terdekat dan mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR)

Lalu setelah dua hari peristiwa, anjing tersebut mati mendadak.

“Mengetahui info tersebut kami bawa kepala anjing tersebut ke laboratorium di Padang untuk mengecek apakah terjangkit rabies. Dan hasilnya positif,” lanjut Yuherdi.

Pihaknya khawatir dengan kondisi korban karena tergigit dibagian kepala. Sehingga pihaknya merasa perlu untuk memberikan Serum Anti Rabies (SAR) untuk menyelamatkan jiwa korban.

“Namun SAR hanya ada di Singapura, sehingga kami merujuk korban untuk segera dibawa ke sana. Kalau tidak salah hari ini berangkat,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Solok Sekatan melalui Baznas membantu biaya pengobatan korban.

“Hingga hari ini (23/1) tahun 2018, sudah ada 4 kasus gigitan anjing, dan satu positif rabies. Kami menghimbau kepada pemilik anjing untuk memvaksin anjing miliknya,” tukasnya.

Tags: , ,