Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Nagari

Wabup Resmikan KEM Lugas, Tercepat di Sumbar

Wabup Resmikan KEM Lugas, Tercepat di Sumbar
Wabup Resmikan KEM Lugas

Sangir (radiotemansejati) – Wakil Bupati (Wabup) Solok Selatan (solsel) H. Abdul Rahman meresmikan Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Lubuk Gadang Selatan (Lugas) dan Rumah Sulam bekerjasama dengan Flipmas Minangkabau dan PT. Pertamina, Rabu (24/1).

Ketua Flipmas Minangkabau, Eliza Nurdin mengapresiasi Rumah Sulam tersebut karena dalam kurun waktu 1 bulan, tanpa adanya pelatihan sudah mampu menghasilkan produk yang mampu dibanggakan.

“Bahkan sudah produknya sudah digunakan oleh konsumen di Bandung, untuk pesta pernikahan,” ujarnya.

Ia juga mendorong pemerintah kabupaten agar menggunakan hasil dari rumah sulam di kalangan pemerintah dan dunia pendidikan.

Ia berharap generasi muda solok selatan dapat memanfaatkan rumah sulam KEM lugas untuk belajar dan menimba ilmu.

“mulai dari anak kelas 5 SD sudah bisa mulai belajar menyulam, sehingga ia diarahkan kearah hal yang positif,” tambahnya.

Diharapkan produk yang dihasilkan oleh KEM lugas tidak hanya terbatas dengan sulaman baju, selendang, baju koko, namun ia berharap akan lebih dikembangkan lagi ke sektor handikraf dan cenderamata khas dari solok selatan.

Ketua Flipmas Indonesia Gatot Mirjoto mengungkapkan kebahagiaannya ketika hadir dalam acara peresmian KEM lugas, “Disini saya melihat ada sinergitas antara masyarakat, akademisi, bumn dan birokrasi,” katanya

Gatot juga mengatakan, tujuan KEM adalah bagaimana masyarakat bisa diberdayakan.

Ia juga menyinggung bahwa kegiatan seperti ini adalah salah satu bentuk pengabdian dari para akademisi.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagut Rudi Ariffianto mengapresiasi KEM Lugas karena merupakan salah satu KEM yang tercepat dalam pengembangannya.

“dibandingkan dengan KEM lain, KEM Lugas termasuk cepat dalam perkembangannya, sehingga cepat pula diresmikan,” katanya

Pihaknya juga mendorong agar terciptanya sertifikasi dari produk sulaman KEM Lugas. sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Pertamina tidak akan berhenti disini, apabila KEM ini akan dikembangkan maka pertamina siap untuk membantu melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebagai salah satu bentuk CSR dari Pertamina.

Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman mengatakan, pemerintah daerah setuju untuk memanfaatkan produk lokal dengan mengeluarkan Paraturan Bupati.

“ASN nanti akan kita wajibkan memakai produk lokal seperti sulaman sebagai salah satu pakai dinas.” katanya.

Wabup menambahkan, sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, tahun ini telah dianggarkan sebesar Rp. 150Juta untuk pembangunan pengerasan jalan menuju lokasi KEM Lugas.

Ketua KEM Lugas Budi Haryono, saat ini KEM Lugas telah mempunyai 43 orang anggota, dimana sebelumnya hanya 20 orang.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyediakan lahan seluas 5 Ha yang ditetapkan sebagai kawasan ekonomi masyarakat yang akan dimanfaatkan selama 10 tahun dan hasilnya adalah untuk anggota KEM.

Bantuan yang telah diterima KEM Lugas yaitu balai pertemuan, pelatihan menyulam, gudang dan wc, rumah pembibitan, kendang sapi, pos jaga, sapi 4 ekor, bibit kopi arabika, bibit kopi robusta, bibit sayuran, rumah sulam, bio gas, lampu penerangan solal cell, yang berjumlah keseluruhan 500 juta.

Tags: ,