Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Pariwisata

Empat Rumah Gadang Jadi Pilot Project Restorasi SRG

Empat Rumah Gadang Jadi Pilot Project Restorasi SRG
Kemen PUPR Meninjau Persiapan Restorasi SRG

Sungai pagu (radiotemansejati) – Program Restorasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Republik Indonesia segera bergulir. Ground Breaking program tersebut disepakati untuk dilaksanakan pada Tanggal 9 Februari 2018, sebanyak empat Rumah Gadang akan dijadikan pilot project.

Kepastian ini diperoleh ketika Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria bertemu dengan Iwan Suprijanto, Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Kemen PUPR bersama rombongan dari Dinas PU Sumatera Barat, di Rumah Dinas Bupati, Selasa malam, (30/1).

“Di Kawasan Saribu Rumah Gadang ada 125 Rumah gadang, yang hendak direstorasi terdata ada 40 Rumah Gadang, tapi kemudian berdasarkan kriteria yang sesuai hanya 15 Rumah Gadang, dan untuk percontohan kami akan tangani empat unit berikut penataan kawasan sekitarnya,” katanya.

Namun untuk persiapan Ground Breaking pihaknya akan mempersiapkan satu unit Rumah Gadang terlebih dahulu.

Tujuan pilot project ini adalah untuk mendokumentasikan terlebih dahulu spesifikasi teknis Rumah Gadang, mulai dari arsitektur, material yang digunakan sampai dengan cara membangun Rumah Gadang.

“untuk pengerjaan akan dilakukan secara swakelola, karena membutuhkan keahlian khusus dan perlu kehati-hatian, bagian utama dikerjakan oleh tukang tuo didampingi oleh tim Cagar Budaya,” jelasnya.

Untuk empat rumah gadang yang akan dipilih masih dalam tahap kajian yang akan secara detail akan didiskusikan oleh tim.

“untuk besar anggaran yang dibutuhkan nanti disesuaikan dengan kondisi rumah gadang, besarannya tidak sama setiap rumah gadangnya,” tuturnya.

Ground Breaking Program Restorasi SRG akan bertepatan dengan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2018.

Tags: ,