Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Ini Yang Selalu Diingat Jokowi akan Solok Selatan

Ini Yang Selalu Diingat Jokowi akan Solok Selatan
Presiden Jokowi

Padang (radiotemansejati) – Presiden Jokowi ternyata memiliki kenangan tersediri akan Solok Selatan ketika 35 tahun lalu atau tepatnya 1983 ketika hendak mendaki Gunung Kerinci.

Presiden sempat menceritakan pengalamannya, “Tahun 1983‎ ada anak muda, naik bus tiga hari dari Jawa menuju Padang, kemudian naik ke Solok, Solok Selatan, Sungai Penuh, kemudian menuju ke Gunung Kerinci melalui Solok Selatan,” ucapnya pada Perayaan Hari Pers Nasional di Padang, Jumat (9/2).

Saat itu, pemuda tersebut kagum akan Rumah Gadang yang ada di Solok Selatan

“Jadi saya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan. Kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan Indah sekali,” ucapnya.

Kini pemuda tersebut menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7 dan sebagai bentuk kekagumannya ia meresmikan revitalisasi kawasan saribu rumah gadang.

“Sebagai bagian perawatan dari kekaguman tersebut, saya pada hari ini mencanangkan revatilisasi total kawasan 1.000 Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan di Provinsi Sumatra Barat,” ujar Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018, yang digelar pada Jumat, 9 Februari 2018, di kawasan Danau Cimpago, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat.

Bahkan Presiden telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk menyelesaikan revitalisasi pada tahun ini juga.

“Dan ini nanti revatilisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk Rumah Gadang yang ada di Sumatra Barat khususnya, juga di seluruh pelosok Tanah Air,” kata Presiden.

Tags: