Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Perikanan

Solsel Sebar 2,5 Juta Bibit Ikan, Ini Cara Mendapatkannya

Solsel Sebar 2,5 Juta Bibit Ikan, Ini Cara Mendapatkannya
Wabup Sebar Benih Ikan, Foto : Istimewa

Padang Aro (radiotemansejati) – Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi ketergantungan pasokan ikan dari luar daerah, Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menargetkan akan menyebarkan 2,5 juta bibit ikan diseluruh kecamatan.

“Tahun lalu kami berhasil melampaui target penyebaran 2 jt bibit ikan, dan tahun ini kami menargetkan 2,5 juta untuk seluruh kecamatan di Solok Selatan, ‘ ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan, Del Irwan di Padang Aro, Sabtu (10/2).

Del irwan mengatakan pihaknya membuka peluang bagi kelompok yang ingin mendapatkan bibit ikan tersebut

“bibit ikan ini dapat diperoleh dengan mengajukan proposal atas nama kelompok, tidak boleh atas nama pribadi maupun perusahaan,” ujarnya.

Proposal tersebut diajukan ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan di Padang Aro atau melalui Balai Benih Ikan yang ada di Pekan Selasa, Pauh Duo.

Untuk tahun ini pihaknya menyediakan dua jenis bibit ikan yaitu ikan nila dan ikan mas. “baru dua jenis ikan tersebut yang kami produksi,” tuturnya.

Kelompok tersebut terdiri dari minimal 15 orang dan tidak harus yang berakte notaris cukup surat keterangan dari Wali Nagari setempat yang menyatakan bahwa mereka adalah kelompok budi daya ikan.

Del Irwan berharap masyarakat mau memanfaatkan program tersebut sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai.

Tags: