Radio Teman Sejati

Radio Teman Sejati, Radio di Solok Selatan Sumatera Barat. Info, berita dan hiburan lokal.

Infrastruktur

Wonorejo Nikmati Listrik 24 Jam Non Stop

Wonorejo Nikmati Listrik 24 Jam Non Stop
Peresmian PLTMH Wonorejo

Padang Aro (radiotemansejati) – Setidaknya 180 Kepala Keluarga (KK), 2 Mesjid dan 1 Sekolah di Korong Wonorejo, Nagari Lubuk Gadang Selatan kini memiliki sumber listrik sendiri yang mampu hidup selama 24 jam non stop. Bahkan masyarakat hanya membayar Rp. 500/KWh sesuai penggunaan.

Listrik tersebut bersumber dari PLTMH Wonorejo yang baru saja diresmikan oleh Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman di Wonorejo, Senin (19/2).

PLTMH Wonorejo merupakan hibah dari Millenium Challenge Account Indonesia (MCAI) yang dilaksanakan oleh konsorsium IIEE, Rimbawan Muda Indonesia, Pro Water dan Lembaga Keswadayaan Masyarakat.

Wabup menyebutkan pembangunan tersebut selaras dengan Program Wonorejo Desa Wisata Unggulan di Solok Selatan.

“Untuk mencapai itu, kita berusaha memenuhi infrastruktur dasar seperti jalan yang saat ini sudah mulai dibangun di lingkungan jorong. Tahun ini insyaAllah akan kita lanjutkan hingga sampai simpang wonorejo,” ujar Wabup.

Ketua Konsorsium IIEE, Ami Indrianto mengatakan PLTMH Wonorejo berhasil ditingkatkan sehingga saat ini memiliki dua generator dengan kapasitas 20 KW dan 50 KW.

“Untuk beban puncak Wonorejo sendiri adalah 28 KW, sehingga kita punya cadangan yang cukup besar untuk pengembangannya,” jelasnya.

Perwakilan MCAI, Arif Setiadi mengatakan pengelolaan PLTMH tersebut akan diserahkan ke masyarakat sehingga tercipta masyarakat mandiri energi.

Selain PLTMH Wonorejo, MCAI juga membangun jembatan penghubung dan Rumah Pengetahuan yang berisi pengenalan energi terbarukan.

Tags: