Listrik Solok Selatan Akan Didukung Tiga Gardu Induk (GI)

Sistem kelistrikan PLN di Kabupaten Solok Selatan hingga saat ini hanya didukung oleh satu Gardu Induk (GI) yang berada di Kabupaten Solok. Namun tidak akan lama lagi Kabupaten tersebut akan didukung oleh tiga buah Gardu Induk (GI) sekaligus.

” Saat ini PLN sedang menyelesaikan pembangunan Gardu Induk (GI) Pekonina dan transmisi tegangan tinggi (SUTET) mulai dari GI Pekonina ke GI Sungai Rumbai sepanjang 93 Km,” ujar Field Representative Supreme Energy Muaralabuh, Bujang Joan Datuk Panyalai di Pakan Selasa, Selasa (7/5).

Pembangunan kedua infrastruktur tersebut ditargetkan akan selesai pada Agustus 2019. Dengan selesainya GI Pekonina dan Jaringan SUTET tersebut maka Jaringan Listrik Kabupaten Solok selatan akan didukung oleh tiga GI yaitu GI Solok, GI Pekonina dan GI Sungai Rumbai.

“jadi ketika GI Solok ada masalah akan di backup oleh GI Pekonina dan GI Sungai Rumbai. Begitu juga sebaliknya apabila GI Sungai Rumbai mengalami masalah maka dua GI yang lain tetap akan support,” tambahnya.

Hal ini diyakininya akan menjadikan sistem kelistrikan di Solok Selatan akan semakin lebih baik dan semakin handal.

GI Pekonina akan menampung listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Supreme Energy Muaralabuh sebesar 80 MW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close