Solok Selatan Latih UMKM Tingkatkan Kemampuan dan Dorong Raih Peluang

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Perindagkop) Solok Selatan mengadakan Pelatihan Kewirausahaan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Solok Selatan.

“Sebanyak 40 UMKM kami ikut sertakan dalam pelatihan ini, untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang keuangan, manajerial, dan pembuatan proposal usaha,” ujar Kepala Bidang Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM (Perindagkop) UKM Solok Selatan, Azizah Mutia di Sungai Pagu, Senin (13/5).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindagkop Solok Selatan, Budiman mengatakan setelah pelatihan ini setiap peserta akan diberikan sertifikat sebagai syarat untuk mengajukan bantuan di Kementerian Koperasi dan UKM.

“Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM menyediakan bantuan wirausaha pemula untuk 5000 UMKM. Namun untuk bisa mendapatkan bantuan itu UMKM harus memiliki sertifikat pelatihan kewirausahaan,” ujar di Sungai Pagu, Senin (13/5).

Bantuan tersebut senilai Rp. 13 jt untuk setiap UMKM yang dinyatakan lulus dan layak.

“Pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan peluang ini karena akan sangat berarti untuk kemajuan pelaku UMKM,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mendorong pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan media sosial dan media online semaksimal mungkin.

“Saat ini sudah mulai banyak UMKM Solok Selatan yang berhasil menembus pasar nasional dan internasional dengan memanfaatkan kedua media tersebut,” tambahnya.

Saat ini Kabupaten Solok Selatan memiliki 4.047 UMKM yang bergerak diberbagai bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close