Baru 1871 Perempuan Test IVA di Solsel

Padang Aro (radiotemansejati) – Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Suriati Muzni mengatakan bahwa kesadaran perempuan Solok Selatan untuk melaksanakan tes IVA masih rendah.

Hal ini dikatakannya dalam Pencanangan Bulan Dasawisma PKK Solok Selatan di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Kamis (16/03/2017).

Tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam asetat) merupakan sebuah tes untuk mengetahui keberadaan kanker serviks (leher rahim) sedini mungkin. Tes ini sederhana dan mudah dilakukan. Namun manfaat yang didapatkan sangat besar.

“tes IVA di Solok Selatan masih kurang dari target, terutama di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sangir Jujuan dan Kecamatan Sangir Batang Hari. Total perempuan yang sudah melakukan tes IVa ada 1871 perempuan” jelasnya.

Ia mengharapkan agar tim penggerak PKK yang berada di kedua kecamatan tersebut agar lebih mengintensifkan sosialisasi pentingnya tes IVA di kalangan perempuan.

“Hal ini penting untuk mengurangi angka kematian perempuan akibat kanker serviks” ujarnya.

Pemeriksaan tes IVA dapat dilakukan di Puskesmas Nagari terdekat. Adapun syarat melakukan tes IVA adalah perempuan umur 20-50 tahun, tidak sedang hamil, tidak sedang haid, dan 24 jam sebelum tes jangan melakukan hubungan seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close