Destinasi Wisata di Solsel Perlu Dilengkapi Toilet

Padang Aro (radiotemansejati) – Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Deviany mengungkapkan bahwa banyak destinasi wisata di Solok Selatan yang masih memerlukan perhatian. Perhatian ini terutama dibidang sanitasi. “Sulit menemui toilet disekitar objek wisata” ujarnya dalam acara¬†Bimbingan Teknis Pokdarwis, Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Bidang Pariwisata di Padang Aro, Rabu (17/05/2017).

Ia menambahkan keberadaan toilet sangat penting di setiap objek wisata. “Kan tidak mungkin tamu buang air kecil di semak-semak” candanya. Hal ini hendaknya menjadi perhatian utama dari pokdarwis yang baru saja dikukuhkan.

baca juga : Solsel kukuhkan puluhan pokdarwis

ia mengungkapkan bahwa toilet yang dibangun tidak perlu mewah. “Cukup toilet sederhana, yang terpenting adalah kebersihannya yang selalu dijaga”.

Toilet yang bersih akan menciptakan rasa nyaman bagi para tamu yang berkunjung di objek wisata. Hal ini selaras dengan pencapaian sapta pesona pariwisata.

Ia menambahkna pokdarwis sebagai ujung tombak pariwisata hendaknya mampu memberikan kesadaran wisata pada masyarakat sekitar. Sehingga objek wisata tersebut akan benar-benar memberikan kesan tersendiri pada setiap tamu yang berkunjung.

Seperti diketahui Solok Selatan telah mengukuhkan 20 pokdarwis, pengukuhan melalui Surat Keputusan Bupati ini diserahkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Budiman, Rabu (17/5/2017).

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: