Latih Belasan Warga, Solsel Siapkan Tenaga Ahli Kelistrikan

Solok Selatan (radiotemansejati) – Kabupaten Solok Selatan diyakini akan menjadi lumbung energy listrik Provinsi Sumatera Barat. Agar tidak hanya menjadi penonton, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Solok Selatan melatih 16 pemuda menjadi tenaga ahli instalasi kelistrikan.

Kepala Disnakertrans Solsel, Basrial menjelaskan pelatihan tersebut merupakan kerjasama antara Balai Latihan Kerja (BLK) Padang dan Disnakertrans Solok Selatan.

“Pelatihan dimulai pada hari rabu (18/10/2017), dan akan diselenggarakan selama 40 hari hingga tanggal 27 November 2017” ujarnya di Padang Aro, Rabu (25/10/2017).

Berbagai keterampilan kelistrikan mulai dari instalasi kelistrikan hingga perbaikan alat-alat listrik diberikan pada pelatihan tersebut.

“Pada akhir pelatihan, setiap peserta akan diberikan sertifikat dan akan diikutkan ujian ISO,” tambahnya.

Basrial berharap dengan memiliki sertifikat pelatihan dan sertifikat ISO tersebut para pemuda yang dilatih akan mampu berkompetisi di perusahaan-perusahaan listrik yang ada di Solok Selatan.

“namun kami lebih senang apabila pemuda-pemuda ini mampu mengembangkan kewirausahaan bidang listrik. sehingga mampu menularkan keterampilan dan keahilannya kepada masyarakat sekitar,” harapnya.

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: