Hari Ke-12, 5 Partai Ajukan Bacalon DPRD ke KPU Solsel

Padang Aro, (radiotemansejati.com) – Memasuki Hari ke-12 tahapan pengajuan bakal calon (Balon) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, KPU Kabupaten Solok Selatan (KPU Solsel) menerima 5 (lima) pengajuan Balon dari partai politik (Parpol), Jum’at (12/5/2023).

Penyerahan berkas langsung diterima oleh Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita didampingi oleh Anggota KPU Solok Selatan Dedi Fitriadi, Sastria Nofrita, Idris dan Andi Andrawan Putra bersama jajaran Sekretariat KPU Solok Selatan. Disertai menyerahkan Tanda Terima Penerimaan Berkas pendaftaran dan Berita Acara setelah sebelumnya disampaikan hasil pemeriksaan dan menandatangani Berita Acara bersama anggota lainnya.

Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita di Kantor KPU Solok Selatan mengatakan, lima Partai yang mengajukan nama bakal calon yaitu Partai Ummat, PDI perjuangan, PKS, Nasdem dan PAN. “Hingga pukul 16.00 WIB ada lima partai yang mendaftar dan semuanya sudah mendapatkan tanda terima dari KPU,” ujarnya.

Dengan sisa waktu pendaftaran dua hari lagi katanya, KPU intens melakukan koordinasi dengan seluruh Parpol agar segera mengajukan pendaftaran nama balon Anggota DPRD masing-masing parpol.

“Sekarang ini masih ada 13 Parpol yang belum melakukan pendaftaran bakal calon ke KPU, Kami mendorong Parpol untuk mendaftar pada Sabtu (13/5/2023), minimal separuh dari yang belum supaya tidak menumpuk di hari terakhir,” ujarnya.  

Dia mengatakan, setelah selesai masa pendaftaran pada 14 Mei KPU akan melakukan verifikasi administrasi pada 15 Mei, untuk itu Parpol diminta untuk selalu mengakses Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) setiap hari pada masa perbaikan yang akan di update di aplikasi tersebut.

Pengajuan pertama dilakukan oleh Partai Ummat melalui Ketua dan Sekretaris DPD Partai Ummat Kab. Solok Selatan beserta rombongan yang melakukan registrasi pada pukul 08.57 WIB dengan target 2 kursi dari di DPRD Solsel.

Selanjutnya, pada pukul 11.16 WIB Ketua dan Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kab. Solok Selatan, menyampaikan berkas pengajuan bakal calonnya kepada KPU Solok Selatan, disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Selatan, M. Ansyar dengan target 1 kursi perdapil di setiap tingkatan.

Kemudian pada sore harinya, Pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kab. Solok Selatan beserta rombongan mengajukan nama balon anggota DPRD Solsel pada pukul 15.25 WIB yang menargetkan Ketua DPRD dengan 7 kursi

Lalu pada pukul 15.35 WIB, Ketua dan Sekretaris DPD Partai Nasdem Kab. Solok Selatan menyampaikan berkas pengajuan bakal calon ke KPU Solok Selatan dengan target 6 kursi.

Terakhir, ditutup dengan pengajuan Balon dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang melakukan registrasi pada pukul 15.42 WIB yang berupaya untuk mempertahankan jumlah 4 kursi Anggota DPRD Solsel.

Kegiatan tersebut berlangsung beriringan dengan rapat pleno penetapan Daftar Pemilihan Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Kab. Solok Selatan, namun hal itu tidak menjadi kendala bagi KPU Solok Selatan dalam melaksanakan tugasnya yang secara keseluruhan berlangsung tertib dan kondusif. (*)

AQ_Rts

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: