Syarat Ringan, CSR Telkom Masih Terbuka, Baru 37 UMKM Yang Mendaftar

Padang Aro (radiotemansejari) – Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri Solok Selatan, Tri Susanti (susi) menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 37 UMKM di Solok Selatan yang mengajukan pendanaan dari CSR Telkom. Padahal di Solok Selatan sudah terdapat 3500 UMKM yang terdaftar. “Mereka bergerak di berbagai bidang seperti makanan, minuman, kerajinan tangan, dan lain-lain” ujarnya pada wawancara, Sabtu (13/5/2017).

Dari 37 UMKM tersebut Telkom sudah melakukan survey dua kali “Survey yang pertama pada tanggal 10 Maret dan Survey kedua pada tanggal 9 Mei 2017” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa PT. Telkom Indonesia akan mengucurkan dana CSR nya sampai dengan Rp. 1 Miliar bagi UMKM di Solok Selatan. Persyaratan untuk mendapatkan CSR tersebut juga sangat ringan. “Hanya perlu mengisi Formulir pendaftaran, Fotocopy KTP dan KK, Foto 4×6 sebanyak 2 lembar suami/istri” ujarnya

Dan syarat yang terpenting adalah Surat Keterangan Usaha dari Wali Nagari dan memliki agunan atas nama pemilik, boleh kendaraan maupun tanah. “Apabila agunan atas nama orang lain, maka boleh dibuatkan surat kuasa. Dan tidak sedang melakukan pinjaman kepada pihak ketiga” jelasnya.

Pendanaan yang diberikan oleh Telkom memiliki masa pinjaman maksimal 24 bulan / 2 tahun. “Bunga pembiayaan yang ditetapkan oleh Telkom sangat kecil, hanya 6% dengan sistem menurun setiap bulannya” ujar susi.

baca juga : Telkom Kucurkan CSR Rp 1 Miliar Untuk UMKM Solok Selatan

Kepala Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan, Azizah Mutia mengungkapkan bahwa dari 37 UMKM yang dilakukan survey mash ada beberapa UKM yang belum memenuhi syarat dan ada beberapa syarat yang terlambat datang. “Untuk yang lolos verifikasi pendanaan akan cair pada bulan Juni 2017” jelasnya.

Koperindag dan Telkom masih membuka pendaftaran untuk penerimaan CSR Telkom tersebut. “masih terbuka untuk periode selanjutnya, dengan masa pencairan pada bulan September 2017” katanya.

Kepala Dinas Koperindag Solok Selatan, Akhirman mengingatkan agar UMKM yang mendaftarkan diri hendaknya betul-betul serius dan melaksanakan aturan yang ditetepkan oleh Telkom. Hal ini terutama bagi yang disetujui pinjamannya agar mematuhi pembayaran. “Jangan sampai membuat buruk nama Solok Selatan, karena akan berdampak pada periode CSR selanjutnya” ingatnya.

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: