Pemkab Siapkan Rp 55 Jt Untuk MTQ Masjid

Padang Aro, (radiotemansejati) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan menyiapkan dana sebesar Rp 55 juta untuk membantu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dilaksanakan oleh masyarakat pada bulan Ramadhan tahun 2017. Bantuan tersebut bertujuan agar tidak lagi meminta sumbangan di jalan.

“Tahun ini (2017) Kita menyediakan dana Rp 55 juta untuk membantu pelaksanaan MTQ di Masjid”  kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Solok Selatan, Zuardi di Padang Aro, Rabu (31/5/2017)

Saat ini Solok Selatan memiliki masjid 189 unit dan Mushalla 359 unit. Zuardi mengakui bahwa dana yang tersedia tidak mungkin tercukupi. Untuk pembagian dana ini pihaknya akan menerima proposal masyarakat yang akan diberi bantuan sebesar Rp1 juta setiap masjid.

“tetapi untuk pembagiannya masih menyusun strateginya, karena tidak mungkin semua masjid dibantu dengan dana tersebut, jadi akan dibagi tujuh masjid per kecamatan,” tambahnya

Ia juga mengaku akan kesulita dalam pendistribusian karena keterbatasan dana. “akan sulit sebab dana yang tersedia juga terbatas, sedangkan jumlah masjid dan mushalla cukup banyak” ujarnya

Ia berkeinginan agar masyarakat menghentikan keseluruhan aktivitas meminta di jalan raya katanya, “hal ini akan membahayakan pengendara maupun yang meminta” katanya

Ia menambahkan sejak awal Ramadhan sudah muncul di beberapa titik jalan peminta sumbangan dan kebanyakan untuk pelaksanaan MTQ.

Terkait tim safari Ramadhan kabupaten kata dia, akan mengunjungi 35 masjid atau lima masjid per kecamatan. “Setiap masjid yang dikunjungi akan dibantu Rp10 juta ditambah 10 buah Al Quran,” ujarnya.

Tim safari Ramadhan kabupaten ini akan mulai turun pada 5 hingga 8 Juni 2017.

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: