Nasrul Abit Terkesan Dengan Kawasan Saribu Rumah Gadang

Sungai Pagu (radiotemansejati) – Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit meninjau obyek wisata andalan Solok Selatan yaitu Kawasan Saribu Rumah Gadang pada hari Minggu (18/6/2017). Ia mengaku terkesan dengan kawasan tersebut, namun ada beberapa cacatan yang ia usulkan.

Didampingi oleh Wakil Bupati Solok Selatan, H. Abdul Rahman perjalanan dimulai dengan mengunjungi Rumah Gadang Gajah Maram. Rumah Gadang tersebut seringkali dijadikan icon wisata oleh para pegiat wisata.

Memasuki Rumah Gadang tersebut Wagub terpesona dengan keaslian yang dimilikinya. Semua masih asli dari kayu dan struktur nya masih sangat baik. Ditambah lagi dengan informasi usia Rumah Gadang tersebut yang sudah ratusan tahun. Perjalanan dilanjutkan dengan berkeliling Kawasan Saribu Saribu Rumah Gadang.

Nasrul Abit juga menyempatkan diri menyambangi sebuah rumah gadang yang digunakan untuk Homestay. Didalam rumah tersebut Wagub dipandu oleh pemilik homestay untuk melihat fasilitas yang terdapat didalamnya.

Homestay tersebut di buat seperti orang-orang minangkabau jaman dulu, dimana mereka tidur ditengah-tengah rumah dengan beralaskan kasur. Dan saat ini kasur tersebut diganti dengan kasur busa yang nyaman. Dan untuk wanita atau yang sudah berkeluarga juga disiapkan kamar-kamar untuk mereka beristirahat.

lagi, Wagub terkesan dengan usia Rumah Gadang homestay tersebut yang telah berusia hampir 200 tahun. Kayu yang digunakanpun masih asli terutama pada bagian tiang rumah yang masih sangat kokoh berdiri.

Melanjutkan perjalanannya Wagub berkeliling di jalan utama Kawasan Saribu Rumah Gadang, ia selalu menyapa dengan ramah semua masyarakat yang ia temui, baik orang tua maupun anak-anak.

Wagub dan Wabup juga berkunjung ke Surau Menara yang berada d tengah-tengah kawasan saribu rumah gadang. Berdasarkan info yang didapatkan media surau yang memiliki arsitektur yang unik dan berusia ratusan tahun ini pernah menjadi tempat belajar Sang Proklamator Indonesia, Bung Hatta.

Pada akhir perjalanan Wagub memberikan catatan agar Menara pandang yang diusulkan oleh Pemkab Solok Selatan agar segera teralisasi. “Kalau ada menara pandang akan sangat bagus sekali, kita bisa memandang puncak-puncak rumah gadang dari atas” ujarnya.

Kawasan Saribu Rumah Gadang saat ini masuk sebagai nominator Kampung Adat Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017. Untuk mendukung Saribu Rumah Gadang menjadi pemenang pada lomba tersebut. Wagub dan Wabup berpesan agar seluruh komponen di Sumatera Barat untuk memilih kawasan saribu rumah gadang.

Untuk mendukung KAwasan Saribu Rumah Gadang bisa melalui dua cara :

  1. Menggunakan SMS, Ketik API 11J kirim ke 99386
  2. Menggunakan website di : http://bit.ly/API11J
Nasrul Abit dan Abdul Rahman di Kawasan Saribu Rumah Gadang
Nasrul Abit di Puncak Surau Menara Saribu Rumah Gadang
Surau Menara Saribu Rumah Gadang Jaman Dulu

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: